Akan Kembali Seperti Semula?

Apa yang kita lihat di One Punch Man chapter 168 memberikan gambaran bahwa ternyata Saitama pun memiliki hati. Dia tidak ada bedanya dengan manusia biasa. Hanya saja memang Saitama memiliki kelebihan yang sangat luar biasa. Kematian Genos yang kemudian menyadarkan Saitama bahwa orang-orang tersebut adalah sosok yang berarti baginya. Dan tanpa mereka, mungkin Saitama sudah berubah menjadi sosok yang mengerikan.

BACA JUGA: One Punch Man: Blast Lebih Kuat dari Saitama?

Namun, dalam ceritanya juga kita melihat bagaimana Genos dan yang lain akhirnya kembali hidup berkat perjalanan waktu yang Saitama lakukan. Artinya, dengan Saitama kembali seperti semula, maka kesadaran akan pentingnya sosok tersebut mungkin juga akan hilang. Dan ini bisa berakibat fatal, jika suatu hari nanti Saitama akan kehilangan rasa kemanusiaan dalam dirinya.

Kesimpulannya, One Punch Man berhasil memperlihatkan kepada para fans tentang “sisi lain” dari Saitama. Ternyata pada dasarnya dia pun memiliki ketakutan terbesar dalam dirinya. Dan orang-orang yang ada di sekitarnya, khususnya Genos, merupakan sosok yang selama ini membuat Saitama tetap waras. Tanpa mereka mungkin Saitama sudah berubah menjadi sosok villain.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.