Dan berdasarkan dari apa yang muncul di chapter 1055 kemarin, seolah mengonfirmasi hal tersebut. Dalam chapternya, nampak Shanks berada di wilayah pantai Wano. Namun, dia dan krunya memutuskan untuk tetap berada di kapal. Meskipun Lucky Roux dan kru lain berharap bahwa mereka bisa bertemu Luffy, namun Shanks mengatakan bahwa sekarang bukanlah waktu yang tepat. Mereka pun harus pergi memburu sosok Bartolomeo.

Sebelum pergi, Shanks sempat mempertontonkan kemampuan Advanced Conqueror Hakinya yang sangat luar biasa. Hal ini bisa kita lihat dari kilatan hitam yang muncul di atas langit tempat Aramaki dan Momonosuke serta yang lain bertarung. Selain itu, setelah melihat kilatan hitam yang luar biasa itu admiral Aramaki pun mampu merasakan hawa semangat yang sangat luar biasa mengintimidasi.

BACA JUGA: One Piece: Sejarah Hubungan Buggy dan Shanks!

Karena itulah, dia pun memutuskan untuk pergi dari sana karena Aramaki mengaku bahwa tujuannya datang ke Wano bukan untuk bertarung menghadapi Shanks. Aramaki menjadi karakter yang ketiga yang mengonfirmasi bahwa kekuatan Haki Shanks sangat luar biasa, selain Whitebeard dan Dracule Mihawk. Bahkan, Mihawk sendiri memutuskan untuk tidak bertarung menghadapi Shanks saat pertempuran puncak di Marineford.

Belum lagi Eiichiro Oda pernah memberikan informasi bahwa kekuatan Haki dari Shanks memang sangat luar biasa. Dia mampu membuat 100.000 orang takluk dalam seketika, dua kali lebih banyak dari sosok Luffy yang menaklukan 50.000 orang.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dari berbagai informasi dan bukti yang ada bisa kita tarik kesimpulan bahwa saat ini Shanks adalah pengguna Haki paling dahsyat di dunia One Piece. Tidak ada yang sanggup untuk menandingi level kekuatan Haki dari Shanks, selain sosok Luffy. Bagaimana dengan karakter lain? Selain Luffy, hampir tidak ada karakter lainnya yang memiliki kekuatan Haki dahsyat dari generasi baru.

BACA JUGA: One Piece: Begini Cara Kerja Haki!

Zoro dan Sanji mungkin adalah kandidat yang paling mendekati, meskipun jelas level kekuatan Hakinya di bawah Luffy. Apa yang muncul di chapter 1055 ini seolah mempertegas spekulasi sebelumnya. Yaitu di Saga terakhir ini Haki mungkin akan lebih banyak muncul dalam cerita daripada buah iblis. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi kepada Shanks dan seperti apa kedahsyatan Haki lain yang akan Oda hadirkan dalam ceritanya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.