Dunia dalam cerita One Piece karangan Eiichiro Oda memang penuh dengan berbagai keunikan dan ciri khas. Salah satunya adalah buah iblis, yang memberikan penggunanya berbagai kemampuan yang unik sesuai dengan buah yang mereka konsumsi. Namun, selain buah iblis ada hal unik lainnya yang menjadi ciri khas One Piece yaitu kekuatan Haki.

Ada tiga jenis utama Haki dalam ceritanya yaitu Observation Haki, Armament Haki, dan Conqueror Haki. Dua dari tiga Haki tersebut bisa orang-orang pelajari atau latih. Namun, untuk Conqueror Haki tidak semua bisa melakukannya/menggunakannya. Haki mampu menahan segala serangan musuh, baik yang menggunakan buah iblis atau pun tidak.

Haki sendiri pada dasarnya adalah kemampuan di mana seseorang mampu menggunakan tekad atau semangat mereka untuk sesuatu yang sangat luar biasa dalam sebuah pertarungan. Kita tentunya sudah mengetahui apa dan bagaimana serta seberapa kuat Haki di dalam serinya. Tapi, informasi tentang Haki baru muncul ketika Luffy berlatih bersama dengan Rayleigh.

Namun, sebenarnya kekuatan dari Haki sendiri sudah Oda perlihatkan bahkan sejak chapter atau episode pertama serinya. Hal ini bisa kita lihat ketika Shanks menggunakan Conqueror Haki untuk menaklukan salah satu Sea Kings. Berbicara mengenai Shanks, dia merupakan karakter yang sangat unik. Shanks merupakan salah satu karakter yang tidak memiliki kekuatan buah iblis dalam ceritanya.

BACA JUGA: One Piece: Kemunculan Shanks Bencana Bagi Luffy?

Meskipun begitu, Shanks memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat. Conqueror Haki menjadi salah satu andalan Shanks dalam setiap kesempatan, di mana sering kali kita melihat Shanks menggunakan jenis Haki ini. Misalnya saat pertempuran di Marineford atau yang paling baru adalah di chapter 1055 kemarin ketika dia berada di Wano untuk menghentikan pertarungan melawan admiral Aramaki.

Shanks Pengguna Haki Terkuat?

Shanks merupakan kapten dari kru bajak laut Rambut Merah dan merupakan salah satu bajak laut terkuat dan banyak orang kagumi di Grand Line. Dia juga merupakan salah satu Yonko, julukan yang dia dapatkan sejak enam tahun yang lalu. Uniknya adalah tidak seperti Yonko yang lain Shanks justru tidak memiliki kekuatan buah iblis apa pun.

Haki adalah senjata yang selalu dia gunakan dalam pertempuran. Kemampuan Conqueror Haki miliknya pun mendapatkan pengakuan dari Whitebeard, yang dibuktikan ketika dia mengunjungi kapalnya dan membuat sebagian besar kru bajak lautnya pingsan. Dia juga mampu menghentikan pukulan magma dari Sakazuki. Kemampuan Haki Shanks bahkan dianggap sebagai salah satu yang terkuat.

KE HALAMAN 2

1
2