Pluton merupakan Ancient Weapon atau Senjata Kuno pertama yang Oda Sensei perkenalkan kepada para fans One Piece. Belum ada informasi seperti apa bentuk asli dari Pluton. Namun, berdasarkan informasi yang ada Pluton adalah sebuah “kapal laut kuno paling mengerikan” yang dapat membawa kehancuran dahsyat. Kabarnya, Pluton dibangun di wilayah Water 7 ketika abad yang hilang.

Setelah selesai, para pembuat kapal kemudian menyembunyikan cetak biru Pluton untuk alasan keamanan. Ketika cetak birunya jatuh ke tangan orang yang salah, maka bencana besar mungkin terjadi. Sadar akan bahayanya, Franky pun memutuskan untuk membakar cetak biru tersebut. Artinya, saat ini, sudah tidak ada lagi cetak biru dari Senjata Kuno Pluton. Meskipun begitu, Franky mungkin mengingatnya.

Lokasi keberadaan Pluton pada awalnya diketahui berada di Alabasta. Inilah yang Oda perlihatkan di arc tersebut. Dan juga ini yang menjadi alasan mengapa kemudian Crocodile dan Baroque Works memutuskan untuk menginvasi wilayah tersebut. Crocodile menciptakan kerusuhan dan kekacauan di negara itu, demi mencari Pluton. Namun, faktanya, ternyata Pluton bukan berada di Alabasta.

BACA JUGA: My Hero Academia: 4 Karakter Terkuat di Season 6!

Dalam chapter 1053 kemarin, kita akhirnya menemukan fakta baru mengenai Pluton. Berdasarkan isi Poneglyph yang ada di Alabasta, sebenarnya keberadaan Pluton ada di negeri Wano. Dan pada chapter 1055, Kozuki Sukiyaki pun menjelaskan banyak hal mengenai Pluton kepada Nico Robin. Termasuk koneksinya dengan negeri Wano. Menurut penjelasannya, Pluton ada di sebuah gua yang dalam di bawah gunung Fuji.

Meskipun begitu, Sukiyaki sendiri tidak tahu seperti apa bentuk dan juga rupa dari Pluton. Berbicara mengenai Pluton, dalam chapter 1055 ini juga Sukiyaki sempat menjelaskan bagaimana caranya untuk mengaktifkan Senjata Kuno Pluton. Dan berdasarkan penjelasan tersebut ternyata untuk mengaktifkan Senjata Kuno ini ada kaitannya dengan impian dari Kozuki Oden yaitu membuka perbatasan negeri Wano.

Cara Mengaktifkan Pluton

Sukiyaki juga menjelaskan di chapter 1055, bahwa untuk bisa mengaktifkan atau menggunakan Pluton maka satu-satunya cara adalah dengan membuka perbatasan Wano. Dalam penjelasannya Pluton berada di bagian wilayah Wano lama yang tenggelam akibat air hujan, yang menyebabkan meningkatnya volume air. Hal tersebut karena tembok-tembok besar yang mengelilingi wilayah itu.

BACA JUGA: Ini Alasan Shanks Incar One Piece?

Karena tembok-tembok tersebut pula pada akhirnya membuat Pluton tidak bisa mereka gunakan. Karena itulah, untuk bisa mengaktifkan Pluton maka perbatasan Wano tersebut perlu untuk dibongkar atau dibuka. Membuka perbatasan Wano artinya menghancurkan seluruh tembok-tembok besar yang mengelilingi Wano. Dengan begitu, Pluton akan bisa mereka gunakan.

KE HALAMAN 2

1
2