Chapter 98 dari seri manga Chainsaw Man ditutup dengan sebuah cerita yang cukup membingungkan. Tidak diketahui secara jelas apakah Asa Mitaka, sang protagonis baru di serinya, berubah menjadi hybrid antara manusia dan Devil. Atau apakah dia menjalin kontrak dengan War Devil, dan juga apakah Mitaka sudah menjadi wadah bagi sang Iblis.

Satu hal yang pasti adalah sepertinya kita akan disuguhkan cerita yang berbeda dari sebelumnya. Bukan lagi melihat dari sudut pandang Asa atau sang protagonis utama, melainkan dari sudut pandang seorang iblis. Chapter 99 kemarin kemudian memberikan kejelasan lain mengenai apa yang terjadi kepada Asa. Chapternya sendiri dimulai dengan Asa terbangun di kamarnya.

Dia bangun dalam keadaan yang baik-baik saja, tanpa luka sedikit pun. Tidak ada tanda-tanda atau bekas luka apa pun di tubuh Asa, seolah apa yang terjadi di malam sebelumnya tidaklah nyata atau sekedar mimpi. Sayangnya, semua hal tersebut ternyata benar-benar nyata. Asa harus rela di mana tubuhnya berada di bawah kendali sosok War Devil. Meskipun begitu, situasi yang Asa alami di serinya sendiri sangatlah unik.

BACA JUGA: Chainsaw Man Part 2: Mengenal Asa Mitaka, Sang Protagonis Baru!

Kondisi Asa Mitaka

Melihat dari kondisinya Asa terlihat bukan seperti iblis atau makhluk halus, meskipun War Devil sendiri mengatakan bahwa dia sudah tewas di malam sebelumnya. Namun, Asa belum sepenuhnya tewas. Menurut penjelasan War Dveil, dia memutuskan untuk tetap membiarkan separuh dari otak Asa Mitaka menempel di tubuhnya. Dengan demikian Asa akan tetap berfungsi seperti biasa layaknya manusia biasa, meskipun War Devil yang ada di balik semuanya.

Asa Mitaka sendiri tidak memiliki pilihan lain. Dia harus mengikuti apa yang menjadi keinginan dari War Devil atau dia akan benar-benar tewas. Kondisi ini sangat berbeda dengan situasi Denji dan Pochita. Mereka memang membuat sebuah kontrak di mana Pochita akan mampu mengendalikan tubuh Denji ketika berubah menjadi Chainsaw Man.

Pochita benar-benar tersentuh dengan ketulusan dan kebaikan Denji, di mana dia kemudian memutuskan untuk mengorbankan dirinya untuk menjadi jantung dari Denji. Hal tersebut dia lakukan demi mewujudkan impian dari sang protagonis. Hal berbeda terlihat dari sosok War Devil. Sang iblis perang itu nampak tidak peduli terhadap sosok Asa Mitaka. Dia hanya memanfaatkan tubuh Asa demi mencapai tujuannya, yaitu menghabisi Chainsaw Man.

War Devil sendiri berjanji bahwa dia akan mengembalikan tubuh Asa Mitaka jika dia mau bekerja sama, dan ketika misinya selesai. Namun, melihat bagaimana sosok War Devil rasanya kecil kemungkinan janji tersebut akan dia tepati. Jika pun kemudian War Devil memang memenuhi janjinya, mungkin dia akan mengembalikan tubuh Asa dalam keadaan yang tidak sempurna.

BACA JUGA: One Punch Man: Blast Lebih Kuat dari Saitama?

Kemiripan dengan Yuji Itadori

Situasi yang Asa Mitaka alami saat ini memiliki kemiripan dengan situasi yang terjadi dengan Yuji Itadori dan Sukuna dalam seri Jujutsu Kaisen. Sama halnya seperti War Devil, Sukuna memaksa Yuji untuk mengikuti semua perkataanya. Jika tidak, maka dia akan menghancurkan jantung Yuji. Mengingat sosoknya sebagai raja kutukan, tidak heran jika sama sekali tidak ada kebaikan dalam sosok Sukuna.

Hal ini pun ada dalam sosok War Devil, di mana dia memang sangat senang dengan adanya konflik, pertarungan, kebencian, dan juga dominasi. Dia hanya peduli tentang kehancuran dan tidak peduli siapa yang terlibat atau menjadi korbannya. Satu alasan utama mengapa kemudian War Devil memilih menggunakan tubuh Asa Mitaka, dan tidak mengendalikan sepenuhnya, kemungkinan adalah kekuatan alami dari para iblis.

BACA JUGA: 5 Anime Dengan Episode Terbanyak!

Kekuatan alami mereka adalah mampu mengubah apa pun menjadi senjata. Dengan kata lain, dengan menggunakan tubuh Asa akan membuat War Devil bisa menjadikannya senjata untuk menghadapi Chainsaw Man. Hal ini bisa kita lihat di chapter 98 kemarin, di mana War Devil mampu mengubah tulang belakang gurunya menjadi pedang. Mungkin ini juga yang akan War Devil lakukan terhadap tubuh Asa Mitaka. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.