Dengan mulainya sebuah era dalam cerita, tentunya pada akhirnya kita akan menemukan akhir. Sama halnya dalam cerita One Piece. Era bajak laut terhebat harus berakhir, dengan tewasnya sosok raja bajak laut, Gol D. Roger. Kematiannya ternyata tidak ikut mematikan semangat para anak muda untuk menjadi bajak laut. Justru kematian Roger menjadi titik awal dari era baru.

Selain saat eksekusi Roger, kematian Whitebeard juga menjadi poin berakhirnya sebuah era. Hal ini diamini oleh pihak angkatan laut sendiri. Dan sebelum timeskip dimulai, Luffy sempat membunyikan lonceng Ox Bell yang menandakan bahwa ini adalah era miliknya. Era lama sudah lewat dan dunia harus bersiap dengan masa yang baru. Arc Wano Country juga bisa menjadi poin di mana era lama berakhir dan mulai era baru.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Akan Hentikan Shanks?

Bukti Era Lama Selesai

Selain kematian Roger, bukti bahwa era lama sudah mulai berakhir adalah tewasnya para bajak laut generasi lama. Di atas kita sudah disebutkan tentang sosok Whitebeard. Whitebeard sendiri adalah manusia paling kuat di dunia. Namun, akibat penyakit yang dia derita serta kekalahannya di peristiwa Marineford akhirnya harus merenggut nyawanya. Selain Whitebeard, kita juga sudah melihat kekalahan Yonko lain.

Seperti yang disebutkan oleh Oda, kekalahan justru lebih “mematikan” daripada membunuh karakternya secara harfiah. Kekalahan para Yonko ini juga tentunya akan menggemparkan dunia. Hal ini pun terjadi di chapter kemarin, di mana kita melihat bagaimana dua Yonko kuat, Big Mom dan Kaido, yang berasal dari generasi lama akhirnya tumbang di tangan Luffy dan juga Kid serta Law.

Selain kekalahan para Yonko dan juga tewasnya sang raja bajak laut, di sepanjang arc Wano ini pun Oda sering menghadirkan petunjuk dalam dialog para karakter yang menyebut tentang era baru. Contohnya adalah ketika Marco mengatakan kepada Big Mom bahwa sekarang adalah waktunya untuk generasi baru. Dia pun berusaha untuk menghalangi Big Mom untuk tidak ikut campur dalam pertarungan Kaido.

BACA JUGA: One Piece: Berbagai Detail Penting Pluton!

Kemudian, yang paling baru adalah ketika Shanks mengungkapkan secara langsung kepada admiral Aramaki. Ketika sang admiral bertarung melawan Momonosuke, Shanks muncul dan mengatakan kepada Aramaki bahwa apa yang dia lakukan dengan generasi baru tersebut sangat tidak etis. Dan shanks kemudian bertanya apakah Aramaki takut dengan bangkitnya era baru. Hal ini tentunya semakin menegaskan bahwa era baru sudah selesai.

KE HALAMAN 2

1
2