Black Panther adalah salah satu karakter ikonik dari Marvel Comics yang popularitasnya makin melejit setelah tampil di Marvel Cinematic Universe. Berkat mendiang Chadwick Boseman yang berperan dengan sangat baik sebagai T’Challa, banyak penggemar yang menjadikan Black Panther sebagai favoritnya. Terlepas dari popularitasnya tersebut, tidak sedikit juga penggemar yang penasaran dengan karakter lain yang sempat jadi Black Panther. Apalagi di MCU sendiri saat ini masih belum terungkap siapa Black Panther selanjutnya pasca kematian Boseman pada tahun 2020 lalu. Untuk lebih mengetahui siapa saja karakter menarik yang pernah jadi Black Panther, simak daftar di bawah ini, Geeks!

BACA JUGA: Siapa Raja Wakanda di Black Panther 2?

T’Challa

Sebelum membahas karakter lain, mari kita masukan T’Challa di daftar ini. Karena dia adalah orang terlama yang memengang identitas Black Panther. Baik di Marvel Comics maupun di MCU, T’Challa menjadi Black Panther setelah ayahnya, T’Chakka meninggal dunia. Sebagai seorang raja baru Wakanda, dia menjadi Black Panther dengan cara yang organik, yaitu menggunakan tanaman herbal berbentuk hati yang hanya akan memberikan kekuatan pada orang-orang terpilih. Sejak saat itulah dia menjadi Black Panther terbaik bahkan sampai sekarang.

S’Yan

Ketika T’Chakka mati di tangan Ulysses Klaue, kandidat terkuat untuk menjadi raja Wakanda adalah saudara kandungnya yang bernama S’Yan, paman T’Challa. Dia adalah satu-satunya Black Panther yang berpegang teguh untuk tidak menggunakan kekuatannya di luar Wakanda. Setelah T’Challa cukup kuat untuk menantangnya, mereka berdua kemudian bertarung dan S’Yan pun kalah. Pada titik inilah dia turun sebagai Black Panther dan raja Wakanda. Namun, tetap menjadi pendamping setia sekaligus penasihat T’Challa dalam memimpin negaranya.

Shuri

Sama seperti di MCU, Shuri adalah satu-satunya saudara T’Challa di Marvel Comics. Tumbuh saat masa kejayaan Wakanda dan T’Challa sebagai Black Panther, Shuri bercita-cita ingin menjadi Black Panther juga suatu hari ini nanti. Melihat potensi adiknya ini, T’Challa kemudian melatihnya dan secara tidak langsung mempersiapkannya untuk menjadi Black Panther selanjutnya. Saat T’Challa tiba-tiba menghilang, Shuri ternyata mendapatkan penolakan dari Dewa panther Bast. Namun, karena dia berhasil membuktikan kesungguhannya sebagai ratu Wakanda, akhirnya Bast luluh dan memberikan semua kekuatan Black Panther kepada Shuri.

BACA JUGA: Ini Anggota Avengers Terlemah Menurut Marvel!

Captain America

Di Ultimate Universe, T’Challa sebenarnya masih menjadi Black Panther, tetapi dengan sedikit perubahan latar belakang. Di mana di universe alternatif ini yang menjadi mentornya sebagai Black Panther adalah Captain America. Suatu hari, ketika Captain America mengetahui bahwa Black Panther sudah tidak lama pulang ke kampung halamannya, dia memutuskan untuk menjadi Black Panther pengganti di Ultimates (Avengers versi alternatif). Saat dia menjadi Black Panther, tidak ada yang menyadari identitas aslinya, karena secara kekuatan mereka berdua hampir tidak ada bedanya.

KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.