Bentuk Lain Jajanken

Meskipun Jajanken adalah teknik yang sangat kuat, namun ada batasannya. Misalnya, Gon perlu butuh waktu untuk mengisi kekuatannya dengan menggunakan Ko, dan bahkan terkadang menggunakan Ren. Selama Gon mengisi kekuatannya, dia benar-benar rentan terhadap serangan lawan. Tidak ada pertahanan apa pun yang bisa menahan serangan lawan terhadap Gon.

Sayangnya, sampai sekarang Gon masih belum menemukan cara untuk mengisi tenaga Jajanken miliknya dalam waktu singkat. Atau mengisi kekuatan Jajanken tanpa perlu mengorbankan pertahanannya. Jajanken juga merupakan sebuah teknik jarak dekat, yang artinya ada batas jarak serangan yang harus Gon perhatikan sebelum menggunakan tekniknya. Jika musuhnya sigap dan mampu membaca situasi, bukan tidak mungkin teknik ini mampu dihindari.

Mengetahui resiko itu, Gon pun kemudian mengembangkan dua versi Jajanken lainnya. Dua versi ini mampu menutupi kelemahan dari serangan jarak pendek Jajanken: Rock. Sayangnya, daya hancur dan kekuatan dari dua jenis Jajanken lainnya ini tidak lebih kuat dari versi Rock. Meskipun begitu, bukan berarti dua teknik ini tidak berbahaya dan dahsyat. Hal tersebut bisa kita lihat di arc Chimera Ant.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: 5 Villain Paling Kejam !

Jajanken: Paper merupakan jawaban dari Gon untuk menghadirkan serangan jarak jauh, di mana dia memanfaatkan jenis Nen Emission. Saat menggunakan tekniknya, Gon akan mengisi tenaga di lengannya dengan aura. Setelah itu, dia akan menembakan energi tersebut ke arah musuh. Level kekuatan dari Jajanken: Paper ini kurang lebih hanya 1/4 dari teknik Rock.

Jenis lainnya adalah Jajanken: Scissors, yang menutupi kelemahan God dalam serangan jarak menengah. Gon mengembangkan teknik ini berdasarkan jenis Nen Transmutation. Artinya, setelah Gon menggunakan teknik Jajanken ini aura miliknya akan berubah menjadi gunting dengan memanfaatkan jari tengah dan jari telunjuk miliknya. Jenis Jajanken ini dianggap lebih kuat dari jenis Paper, karena mampu memotong pertahanan yang kuat sekali pun.

Kesimpulannya di Hunter X Hunter

Jajanken merupakan kekuatan yang unik dan dahsyat di seri Hunter x Hunter, di mana teknik ini membuat Gon menjadi salah satu Hunter hebat. Sayangnya, meskipun sudah menjadi andalan dari Gon akibat kontrak Nen yang dia lakukan Gon harus kehilangan kemampuannya tersebut. Banyak fans yang meyakini jika sang protagonis utama akan mampu untuk mendapatkan dan menggunakan lagi Nen miliknya, yang artinya dia akan menjadi jauh lebih kuat dalam penggunaan Jajanken.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.