Muzan Kibutsuji adalah antagonis utama dalam seri Demon Slayer. Dia juga merupakan sosok iblis pertama, yang sudah hidup selama berabad-abad berkat keabadian yang dia miliki. Dengan darahnya, dia bisa mengubah seseorang menjadi sosok iblis. Dan dengan kekuatannya yang dia miliki pun dia adalah sosok yang tidak terkalahkan. Tidak mudah untuk menaklukan sang raja iblis ini.

Meskipun begitu, ternyata Muzan memiliki satu kelemahan dalam dirinya. Hal tersebut ternyata adalah anting Hanafuda (Hanafuda Earrings) yang ada di telinga Tanjiro. Hal ini pun sempat menjadi tanda tanya di kalangan fans. Bagaimana sosok kuat seperti Muzan takut terhadap benda yang nampak biasa saja. Namun, sepertinya ada sejarah panjang yang membuat Muzan lemah terhadap benda tersebut.

BACA JUGA: Swordsmith Village, Desa Misterius di Demon Slayer!

Masa Lalu Muzan dan Demon Slayer Corps

Dalam momen kilas balik singkat di chapter 14 manganya, Muzan mengingat ada seorang pria dengan rambut panjang dan mengenakan anting Hanafuda yang sama yang Tanjiro gunakan. Kemudian, dalam chapter 81, di arc Entertainment District, Daki melihat sosok yang sama seperti yang ada dalam ingatan Muzan. Hal tersebut terjadi karena ada darah Muzan dalam tubuh Daki.

Sosok ahli pedang misterius yang muncul di ingatan Muzan tersebut akhirnya muncul di chapter 99. Sosok misterius yang Muzan takuti tersebut tidak lain adalah Yoriichi Tsukiguni. Yoriichi adalah satu-satunya Demon Slayer, sebelum Tanjiro, yang hampir berhasil mengalahkan dan membunuh Muzan. Momen kilas balik pertarungan epik keduanya muncul di Demon Slayer chapter 187.

Yoriichi bertarung menghadapi Muzan dan Tamayo di sebuah hutan bambu. Pertarungan tersebut menjadi momen di mana kita melihat teknik Sun Breathing berhasil memenggal kepala Muzan. Bahkan, teknik tersebut mampu menghentikan semua kemampuan lain yang Muzan miliki. Namun, sayangnya, Yoriichi gagal menghabisi nyawa Muzan. Setelah tahu bahwa nyawanya hampir melayang Muzan memutuskan untuk kabur.

Siapa Yoriichi Tsukiguni

Yoriichi Tsukigunia merupakan ahli pedang terkuat yang pernah Demon Slayer Corps miliki. Dia hidup sekitar 500 tahun sebelum cerita utamanya dimulai. Saat itu, era Sengoku menjadi era di mana para iblis bisa dengan leluasa melakukan berbagai aktivitas mereka. Yoriichi kemudian menciptakan teknik pedang bertama, yang kemudian berkembang menjadi berbagai teknik pedang lainnya.

Teknik pertama Yoriichi tersebut kemudian kita kenal sebagai Sun Breathiing Technique. Teknik Sun Breathing, atau Hinokami Kagura Dance, merupakan teknik yang sudah menjadi warisan keluarga Kamado. Tekniknya diajarkan kepada keturunan selanjutnya dan sudah mereka lakukan dari generasi ke generasi. Sejak kecil, Yoriichi terkenal sebagai anak yang tenang dan pendiam. Dia sangat jarang memperlihatkan ekspresi atau emosinya.

BACA JUGA: Apa Fungsi Demon Slayer Mark?

Hal ini juga yang membuat Muzan takut terhadap Yoriichi, karena dia tidak pernah memperlihatkan sosoknya sebagai ahli pedang atau ahli dalam pertarungan. Sikapnya yang tenang membuat musuh sulit untuk memprediksi gerakannya selanjutnya, atau membaca pergerakannya. Yoriichi sendiri merupakan adik dari Michikatsu Tsukiguni, yang kemudian kita kenal sebagai Upper Moon 1 alias Kokushibo.

KE HALAMAN 2

1
2