Penggemar setia DC pasti sudah tidak sabar ingin segera melihat penampilan aktor Dwayne Johnson sebagai Black Adam. Berperan sebagai karakter bernama asli Teth-Adam, Johnson sendiri terbilang cukup sering mengatakan bahwa kemunculan karakternya akan mengubah hierarki kekuatan di DC Universe. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa para penggemar sangat menantikan filmnya. Apalagi di film solonya nanti Black Adam sudah pasti akan bertarung melawan tim superhero Justice Society of America.

Di trailer terbaru Black Adam, cukup jelas bahwa Teth-Adam nantinya akan bertarung melawan para anggota JSA, seperti Hawkman dan Doctor Fate. Tidak sedikit juga penggemar yang menaruh harapan kepada para anggota tim superhero pertama DC ini. Di DC Comics sendiri, JSA adalah tim superhero pertama yang debutnya jauh sebelum Justice League, tepatnya pada tahun 1940 di komik All Star Comics #3. Selama itu juga JSA berkembang menjadi tim yang terdiri dari para superhero veteran. Di mana para pemimpinnya selalu mendapatkan tempat terhormat di antara mereka.

Sekarang, pertanyaannya, siapa yang akan menjadi pemimpin JSA versi DC Extended Universe. Dalam sejarahnya, tim superhero ini pernah dipimpin oleh superhero tangguh, seperti Green Lantern Alan Scott dan juga Power Girl. Mengingat kedua superhero tersebut sepertinya tidak muncul di film Black Adamlantas siapa yang nantinya akan menjadi kepala dari JSA? Menariknya, DC Comics ternyata sudah memberikan petunjuk atas persoalan tersebut.

BACA JUGA: Simak Pertarungan Black Adam vs Hawkman di Trailer Baru!

Telah Lama Memimpin Justice Societ of America!

Sebelum merilis film Black Adam di bioskop, ternyata DC lebih dahulu merilis komik prekuel The Justice Society Files: Hawkman. Dari judulnya saja kita sudah bisa menebak bahwa komik garapan Cavan Scott dan Bryan Q. Miller ini bercerita tentang kisah Hawkman versi Carter Hall (Aldis Hodge) yang juga akan muncul di film Black Adam. Menariknya, di kisah ‘Ghosts of the Past’, terungkap bahwa Hawkman sebenarnya adalah pemimpin JSA. Kisahnya sendiri bermula dari Hawkman yang mengejar James Craddock karena dia telah mencuri pecahan mineral langka Eternium.

Ketika tengah dalam pengejaran, Craddock secara tidak sengaja malah terbunuh, sebelum akhirnya dia kembali sebagai supervillain Gentleman Ghost. Dengan kekuatannya, Gentleman Ghost berhasil mengurung dan mengubah Hawkman menjadi patung, kemudian memajangnya di museum. Pada halaman berikutnya, barulah terungkap bahwa Hawkman ternyata adalah seorang pemimpin JSA. Ketika dua orang wanita tengah mengunjungi museum dan melihat ‘patung’ Hawkman, pada plang pajangannya tertulis ‘Hawkman, Leader of the Justice Society of America’.

BACA JUGA: 5 Misteri Terbesar di DC Universe!

Salah satu wanita tersebut bahkan sampai mengatakan, “Sudah lama tidak mendengar nama itu. Aku kira [JSA] telah bubar.” Tentunya hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karena ternyata Hawkman memang sudah lama tidak berhubungan dengan para anggota JSA. Setelah terbebas dari kurungannya dan berhasil mengalahkan Gentleman Ghost, Hawkman sadar bahwa ada ancaman yang jauh lebih besar tengah menantinya. Ending dari kisahnya sendiri memperlihatkan Hawkman yang tengah berniat untuk kembali mengumpulkan para anggota JSA lain, mulai dari Doctor Fate.

KE HALAMAN 2

1
2