Mampu Kendalikan Tekad Seseorang?

Dan membahas mengenai buah iblis Zoan yang memiliki pikiran sendiri, terdapat sebuah detail informasi penting yang muncul di booklet Road To Laugh Tale Vol. 4. Dalam penjelasan mengenai desain karakter Gear 5 Luffy, terdapat informasi yang mengatakan bahwa ketika pengguna Zoan membangkitkan buah iblisnya maka “insting binatang/insting alami binatang dari buah iblis yang mereka makan akan mengambil alih kesadaran mereka.”

Hal tersebut seolah memperjelas apa yang Gorosei ungkapkan sebelumnya, dan juga menjadi alasan tentang apa yang terjadi kepada para penjaga di Impel Down. Para pengguna buah iblis Zoan di Impel Down sepertinya sudah benar-benar kehilangan kendali atas kesadaran mereka pasca membangkitkan buah iblisnya. Hal ini seolah mirip dengan apa yang terjadi ketika Chopper menjadi tidak terkendali saat menggunakan Monster Point di arc Enies Lobby.

Berdasarkan penjelasan tersebut, pertanyaan besar bagi pengguna buah iblis Zoan setelah membangkitkan buah iblisnya adalah siapa yang memiliki tekad atau semangat yang lebih kuat. Buah iblisnya atau penggunanya? Mungkin, inilah alasan mengapa Kaido bertanya kepada Luffy di chapter 1046. Dia bertanya, “siapa kau?” setelah Luffy mengaktifkan Gear 5. Kaido sepertinya ingin tahu siapa yang mengambil alih tubuhnya, Luffy atau buah iblis Nika. Dan Kaido pun nampak senang saat mengetahui bahwa Luffy masih dalam kendali tubuhnya sendiri.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Misi Rahasia Shanks?

Kelemahan Pengguna Zoan?

Lalu, apakah pengguna Zoan memiliki kelemahan? Pada awalnya, informasi ini belum kita ketahui. Sampai kemudian ada informasi terkait hal tersebut dalam booklet Road To Laugh Tale Vol. 3. Menurut informasinya, awakening dari jenis buah iblis Zoan sangat berbeda dengan awakening dari jenis buah iblis Paramecia. Satu hal yang mencolok dari awakening Zoan adalah perubahan besar dalam tubuh penggunanya.

Namun, yang menjadi kelemahannya adalah awakening tersebut ternyata memengaruhi jiwa atau kepribadian dari penggunanya. Disebutkan bahwa saat tubuh mereka menjadi sangat kuat dan luar biasa, kepribadian mereka justru akan “melemah”. Artinya dengan kata lain, penggunanya akan mengalami kesadaran atau mereka akan kehilangan kendali atas tubuh mereka. Juga, mereka akan bertingkah laku berbeda.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.