Yuuki – Joker Game

Joker Game dianggap sebagai salah satu seri anime sejarah terbaik dengan tambahan unsur mata-mata. Ceritanya sendiri bersetting di Jepang pada tahun 1937, dan berfokus pada sebuah kelompok bernama D-Agency serta pemimpin mereka, Letnan Kolonel yuuki. D-Agency melatih delapan mata-mata terbaik untuk melindungi Jepang dari berbagai ancaman dalam dan luar negeri.

Letnan Kolonel Yuuki sendiri merupakan seorang mata-mata yang penuh talenta. Meskipun dalam kehidupan pribadinya dia adalah seorang yang serius, namun saat menjalankan misi kepribadiannya bisa berubah drastis. Joker Game memang menghadirkan nuansa dan tone cerita yang serius daripada seri lainnya. Bahkan, alur ceritanya pun cenderung lambat. Meskipun begitu, perkembangan karakter dan cerita berbagai misinya menjadi beberapa daya tarik serinya.

Loid “Twilight” Folger – Spy X Family

Berkat popularitas serinya, mulai banyak para fans anime yang mencoba untuk mencari seri anime lainnya yang mirip seperti Spy X Family. Hal tersebut tentu tidak mengherankan, mengingat bagaimana serinya berhasil menghadirkan cerita mata-mata dengan jauh lebih menyenangkan dan ceria. Tidak lupa juga unsur komedi yang semakin membuat serinya populer dan langsung mendapat banyak perhatian.

Ceritanya sendiri berfokus pada sosok Loid Forger alias Twilight, yang merupakan seorang agen mata-mata terbaik milik Westalis. Twilight harus menjalankan misi paling besar dan rahasia dalam hidupnya, yaitu mencegah pertempuran dengan Ostania terjadi. Untuk itulah dia pergi ke Ostania dan menyamar menjadi seorang dokter dan membangun keluarga. Berbagai keseruan pun muncul ketika ternyata keluarganya memiliki rahasia besar yang tidak dia ketahui.

Genre mata-mata mungkin bukan genre yang populer bagi para fans anime. Meskipun begitu, ada banyak hal menarik yang muncul dari genre tersebut. Meskipun tema mata-mata akan lebih cocok dengan alur dan tone cerita serius, namun mungkin seri dengan genre yang sama bisa belajar dari kepopuleran Spy X Family. Bagaimana menurut kalian Geeks?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.