Salah satu bagian menarik dari sebuah seri seperti One Piece adalah memunculkan teori atau spekulasi terhadap berbagai misteri yang ada. Misteri tersebut muncul baik di dalam cerita atau karakter. Dari sekian banyak misteri dalam cerita One Piece, salah satu yang paling menarik dan menjadi perhatian para fans adalah arti dari tekad D (Will of D).

Di sepanjang seri One Piece, Oda Sensei mulai banyak memperkenalkan karakter-karakter yang memiliki nama “D” di tengah namanya. Selain Monkey D. Luffy dan Gol D. Roger, kita pun mengenal beberapa nama lain. Mulai dari Trafalgar D. Water Law, Jaguar D. Saul, dan sebagainya. Total sejauh ini ada sekitar puluhan karakter yang memiliki huruf “D” di tengah-tengah namanya.

BACA JUGA: One Piece: Kisah Dibalik 2 Luka di Tubuh Luffy!

Arti dari “D” sendiri masih menjadi pertanyaan besar sampai sekarang. Oda pun masih belum memberikan petunjuk atau penjelasan mengenai hal ini. Tidak pelak ada banyak teori dan spekulasi bermunculan di kalangan fans mencoba menebak arti dari huruf tersebut. Ada yang berspekulasi bahwa artinya adalah Dream, Devil, dan masih banyak lainnya.

Selain arti dari huruf tersebut, yang juga menjadi misteri adalah tentang asal-usul klannya. Terdapat sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa klan ini berasal dari sebuah kerajaan besar yang berkuasa pada 800 tahun yang lalu. Tepatnya, mereka adalah penguasa atau penghuni dari Kerajaan Kuno (Ancient Kingdom). Dalam teorinya, mereka adalah pemimpin dari kerajaan tersebut.

Karena takut kerajaan dan kekuasaan mereka terancam, beberapa kerajaan yang menjadi leluhur para naga langit pun secara diam-diam menghabisi para orang-orang dengan “D” tersebut. Mereka pun merencanakan penyerangan besar-besaran ke rumah mereka yang kemudian menjadi cikal bakal hancurnya kerajaan tersebut. Dan ini juga yang kemudian menjadi awal mula kemunculan abad yang hilang.

Sosok Ini Tahu Arti Tekad D?

Berbicara mengenai arti dari Tekad D, terdapat sebuah hal yang menarik yang muncul di ceritanya. Dokter Kureha adalah karakter yang pertama kali menyebut nama “tekad D” dalam cerita. Hal ini terjadi ketika dia menyebutkan nama raja bajak laut pertama, Gold D. Roger. Kureha pun mengatakan kepada Dalton kalau Chopper sudah bergabung dengan orang yang sangat berbahaya.

BACA JUGA: Perubahan Drastis Luffy di Arc Wano, Sadar?

Kureha juga mengatakan bahwa dia tidak menyangka bahwa para klan D tersebut masih hidup. Nico Robin juga pernah menyebutkan tentang nama tersebut sebanyak tiga kali. Pertama waktu dia pergi ke Alabasta dan pertama kali bertemu dengan Luffy. Kedua adalah saat dirinya bertanya kepada Gan Fall dan yang ketiga adalah saat Robin bertanya kepada Rayleigh saat di pulau Sabaody.

Mengapa Kureha bisa tahu tentang Tekad D? Apa yang dia ketahui tentang arti dari Tekad D? Lagi-lagi, untuk saat ini semuanya masih menjadi sebuah misteri. Meskipun begitu, mungkin ada beberapa penjelasan terkait dengan hal ini. Jika Dr. Kureha memang benar-benar mengetahui kebenaran Will of D, maka kemungkinan dia pernah memiliki koneksi dengan salah satu pemilik nama D di masa lalu.

Bisa jadi salah satu pasien yang pernah Kureha tangani adalah pemilik nama D, yang sekarat karena mendapat perlakuan buruk Pemerintah Dunia. Sebab bagi Pemerintah Dunia, Will of D adalah pengkhianat dan orang yang sangat jahat. Bisa jadi orang yang Kureha selamatkan itu selamat dan hidup menggunakan identitas baru. Kemungkinan kedua adalah, bisa jadi Dr. Kureha mengetahui kebenaran Will of D dari Roger saat masih hidup.

BACA JUGA: Luffy vs Captain America, Siapa Pemimpin Terbaik?

Mungkin, sebelum akhirnya bertemu dengan Crocus, sosok Roger pernah mendatangi Kureha untuk meminta pertolongan akan penyakit misteriusnya. Bisa jadi Roger sebenarnya telah sembuh dari penyakitnya sebelum dieksekusi oleh pihak Pemerintah Dunia. Namun, Roger tetap menyerahkan diri kepada Pemerintah Dunia agar era bajak laut baru terbentuk. Apalagi, Kureha sudah berumur ratusan tahun, yang membuatnya mengetahui segala rahasia dunia.

KE HALAMAN 2