The Mist (2007)

Film The Mist bercerita tentang karakter David (Thomas Jane) dan anaknya yang berlindung di sebuah supermarket ketika kabut misteri mulai muncul. Di balik kabut tersebut ada banyak sekali monster yang akan membunuh manusia dengan kejam. Di ending David berhasil keluar dari supermarket bersama anaknya dan sejumlah penyintas lainnya dengan menggunakan mobil. Namun, saat mobilnya kehabisan bensin, mereka semua memutuskan untuk bunuh diri. Mirisnya tidak lama setelah David menembak anaknya, kabut mulai menghilang dan banyak tentara yang menolongnya. Jika saja mereka mau menunggu, mungkin mereka semua akan selamat sampai filmnya berakhir.

The Prestige (2006)

Bercerita tentang persaingan dua pesulap yang mencari cara agar populer, film The Prestige ternyata mempunyai ending yang memicu kontroversi. Di mana menjelang akhir filmnya pesulap Robert Angier (Hugh Jackman) berhasil meniru trik Alfred Borden (Christian Bale) untuk berpindah tempat dari kotak ke kotak lain. Namun, yang mengejutkan penggemar adalah fakta bahwa ternyata Robert mengunakan metode kloning, di mana dia membunuh dirinya yang satu lagi secara terus-menerus. Sedangkan para penggemar tahu bahwa Alfred sebenarnya hanya menggunakan saudara kembarnya ketika melakukan sulap tersebut.

BACA JUGA: Freddy vs Jason, Siapa Pemenangnya?

Man of Steel (2013)

Film superhero seperti Man of Steel ternyata tidak luput dari kontroversi. Endingnya memperlihatkan Superman yang terpaksa membunuh General Zod demi menyelamatkan orang-orang dari heat vision milik Zod. Ending ini membuat para penggemar DC Comics menganggap film Man of Steel tidak menghargai materi aslinya. Di mana Superman versi komik sama sekali tidak membunuh siapa pun selama 70 tahun petualangannya. Kematian Zod oleh Superman ini telah membuat nuansa film Man of Steel dan semesta DC Extended Universe secara keseluruhan menjadi lebih kelam dari DC Universe di komik.

Gone Girl (2014)

Gone Girl adalah film thriller yang bercerita tentang seorang wanita bernama Amy yang berusaha memalsukan kematiannya dan membuat skenario seolah-olah pembunuhnya adalah Nick, suaminya sendiri. Setelah mengetahui upaya istrinya tersebut, Nick kemudian berencana untuk melaporkan kejahatannya. Namun, Amy berhasil memaksa dia untuk membatalkan hal tersebut dengan pengakuan kehamilannya. Ending dari film ini membuat banyak penggemar marah kepada karakter Nick karena terlalu bodoh untuk tidak menceraikan istri psikopatnya kemudian merawat anaknya seorang diri saja.

BACA JUGA: Berbagai Film Baru Amber Heard Setelah Kasus Hukum!

Interstellar (2014)

Interstellar disebut-sebut sebagai film sci-fi paling akurat dengan ilmu ruang dan waktu di dunia nyata. Ceritanya berfokus pada karakter Coop yang berusaha mencari cara agar Bumi bisa selamat dari kepunahan. Dia melakukan petualangan luar angkasa sampai akhirnya menemukan jawaban untuk menyelamatkan umat manusia. Pada akhirnya dia berhasil kembali ke stasiun luar angkasa dan bertemu dengan anaknya yang selama ini menjadi sumber motivasinya. Setelah bertemu dengan anaknya yang ternyata sudah lebih tua, Coop kemudian memutuskan untuk pergi lagi ke luar angkasa untuk mencari krunya yang sempat tertinggal. Ending tersebut membuat penggemar merasa aneh, karena setelah Coop berhasil kembali ke anaknya, dia malah kembali meninggalkannya.

Itulah sepuluh film yang mempunyai ending kontroversial di mata penggemar dan penonton secara keseluruhan. Kesepuluh film ini sebenarnya mempunyai formula yang kurang lebih sama, yaitu twist yang membuat penggemar bertanya-tanya dan menduga sendiri arti dari ending filmnya. Sebenarnya ending dari sepuluh film ini telah mengakhiri kisah dari filmnya sendiri. Namun, karena memicu banyaknya penafsiran penonton, pada akhirnya sepuluh film ini justru memicu perdebatan dan dianggap kontroversial di kalangan penggemar sampai sekarang.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.