Monkey D. Dragon adalah salah satu karakter yang membuat banyak fans penasaran. Sosoknya terkenal sebagai ayah Luffy dan pemimpin pasukan Revolusioner, namun masih banyak masa lalunya yang janggal dan belum jelas hingga sekarang. Ayah Dragon, Garp, juga terkenal sebagai orang paling terpandang di Angkatan Laut. Dan Garp sangat keras dalam mendidik keturunannya.

Hal ini terbukti, ketika Luffy bercita-cita menjadi bajak laut, Garp adalah orang yang paling menentang keinginan Luffy. Mungkin di masa lalu, Garp juga pernah memaksa Dragon untuk menjadi bagian dari Angkatan Laut. Terbukti, beberapa orang dari Angkatan Laut seperti Smoker langsung mengenali Dragon ketika pertama kali bertemu. Padahal Dragon telah menyimpan identitasnya dengan sangat rapi, mengingat dia adalah seorang pemimpin pasukan Revolusioner, yang identitasnya mungkin sangat rahasia.

Melihat reaksi Smoker ketika pertama kali bertemu di Loguetown, nampaknya Smoker telah mengenal Dragon cukup lama. Bisa jadi, mereka berdua di masa lalu adalah partner yang cukup solid di Angkatan Laut. Bahkan bisa jadi Dragon sempat menduduki kursi Admiral sebelum akhirnya memutuskan keluar dari Angkatan Laut. Ini menjadi salah satu teori atau spekulasi yang banyak fans bahas.

BACA JUGA: One Piece: 4 Nama Samaran Usopp!

Dragon Mantan Angkatan Laut?

Dalam teorinya sendiri dijelaskan bahwa ada kemungkinan jika Monkey D. Dragon sebenarnya merupakan mantan angkatan laut. Dia menduduki jabatan sebagai admiral atau posisi penting lainnya. Selain bagaimana Smoker mengenali Dragon, ada beberapa hal lain yang dianggap memberikan petunjuk bahwa Dragon adalah mantan Admiral atau angkatan laut.

Eiichiro Oda memang sangat senang untuk memasukan berbagai elemen atau unsur-unsur sejarah, mitos, dan legenda dalam ceritanya. Contohnya adalah pulau Elbaf yang terinspirasi dari kata Fable yang terbalik. Kemudian, adanya kemiripan cerita Momotaro dengan arc Wano Country yang sedang berjalan saat ini menjadi bukti lain dari hal tersebut.

Dalam mitologi Tiongkok, lautan terbagi menjadi empat: utara, selatan, barat, dan timur. Keempat laut tersebut kemudian memiliki perwakilan warna yaitu kuning, biru, merah, dan putih. Keempat lautan juga diwakili oleh binatang yaitu monyet, burung, naga, dan anjing. Jika Geeks perhatikan antara mitologi Tiongkok tersebut dan cerita One Piece, ternyata ada kesamaan yang nyata.

Wilayah laut utara merupakan wilayah dari monyet kuning yaitu Kizaru. Burung biru yaitu Aokiji Merupakan penjaga laut selatan. Anjing merah yaitu Akainu merupakan penjaga laut barat. Dan hal ini tentunya menyisakan wilayah laut timur yang diwakili oleh naga putih yaitu Dragon. Ada mitologi lainnya yang mendukung mitologi sebelumnya, di mana ada seorang raja yang memiliki empat orang pengikut yang setia.

Mereka berbentuk seperti burung, monyet, anjing, dan burung pegar (pheasant). Suatu hari, sang burung menyadari betapa jahatnya sang raja, sehingga dia memutuskan untuk pergi, tapi tidak memberi tahu yang lainnya tentang fakta yang sebenarnya. Sang anjing begitu setia kepada rajanya, sedangkan sang monyet bingung dengan apa yang terjadi. Si burung pegar terlalu malas untuk melakukan sesuatu.

BACA JUGA: One Piece: Inikah Awakening Buah Iblis Buggy?

Jika semuanya kita cocokan, maka kita terlihat kesamaan dengan ketiga admiral terkuat sebelumnya. Akainu begitu menganggungkan keadilan absolut, hal yang selama ini selalu angkatan laut dan Pemerintah Dunia banggakan. Kizaru sepertinya tidak peduli dengan apa yang terjadi, dan bagaimana Aokiji berperilaku juga sepertinya terinspirasi dari mitos tersebut.

KE HALAMAN 2