Doujutsu Milik Isshiki Otsutsuki

Doujutsu milik Isshiki Otsutsuki ini termasuk dalam salah satu teknik terbaru yang muncul dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Sampai sejauh ini, Doujutsu tersebut hanya dimiliki oleh Isshiki dan juga Kawaki, yang sempat menjadi wadah milik Isshiki. Doujutsu ini Kawaki gunakan berkat kekuatan Karma dalam dirinya. Doujutsu ini memiliki keunikan dari segi desain pupilnya, yang membuat Doujutsu ini berbeda dari Rinnegan dan Sharingan atau Byakugan.

Ada dua teknik dahsyat yang bisa pengguna Doujutsu ini gunakan dalam pertarungan. Pertama adalah Sukunahikona dan kedua adalah Daikokuten. Secara teknis, Sukunahikona membuat penggunanya mampu mengecilkan benda tidak hidup apa pun menjadi seukuran mikroskopik. Benda-benda yang dikecilkan oleh teknik ini kemudian akan tersimpan di sebuah dimensi, di mana penggunanya bisa kapan pun bisa kembali menggunakannya.

Sedangkan Daikokuten pada dasarnya adalah kebalikan dari Sukunahikona, di mana Daikokuten mampu membuat ukuran benda yang dikecilkan oleh Sukunahikona kembali ke ukuran semula. Atau bahkan jika mau, penggunanya bisa memperbesar ukuran dari benda apa pun yang penggunanya inginkan. Misalnya memperbesar kotak-kotak yang muncul saat pertarungan melawan Kashin Koji atau Naruto, Sasuke, dan Boruto.

BACA JUGA: Dragon Ball: Toriyama Hilangkan Kekuatan Saiyan ini?

Jougan

Sampai sekarang masih belum ada informasi tentang asal-usul dari Jougan. Yang pasti Boruto secara tidak sengaja mengaktifkannya. Jougan sendiri akan aktif ketika Boruto fokus pada seseorang atau benda secara tidak sadar. Dengan jurus ini, Boruto mampu melihat pintu antardimensi dan kekuatan lainnya memiliki hubungan dengan klan Otsutsuki. Kemampuan dari Jougan sendiri merupakan gabungan antara Byakugan dan juga membaca emosi negatif dari Naruto.

Jougan juga merupakan salah satu doujutsu terkuat selain tiga Doujutsu mematikan yang populer (Sharingan, Rinnegan, dan Byakugan). Kemampuan Doujutsu ini hanya dimiliki oleh satu orang saja, yaitu Boruto Uzumaki. Meskipun begitu, ada teori di kalangan fans menyebutkan bahwa ini merupakan Doujutsu yang juga klan Otsutsuki miliki. Namun, tidak ada informasi siapa pemilik lain dari Doujutsu tersebut.

Senrigan

Senrigan secara harfiah memiliki nama “Clairevoyant” atau bisa berarti mata yang bisa/mampu meramal. Dan apa yang Kishimoto hadirkan dalam ceritanya pun memang demikian, di mana Eida mampu melihat apa yang sedang terjadi di dunia ini. Amado yang mengungkapkan kekuatan dari Senrigan secara langsung kepada Shikamaru dalam chapter terbaru serinya. Senrigan juga mampu membuat Eida bisa melihat ke masa lalu.

Kekuatan ini sudah beberapa kali muncul dalam ceritanya. Misalnya, ketika pertarungan Code melawan Boruto dan juga Kawaki. Dengan kekuatan ini, Eida mampu untuk memprediksi apa yang akan menjadi tindakan selanjutnya atau bahkan apa yang terjadi pada masa yang akan datang. Misalnya, ketika Shikamaru menawarkan Eida untuk bertemu dengan Kawaki. Dia pun sempat melihat apa yang akan terjadi pada masa depan ketika menerima tawaran tersebut.

Dengan kekuatan dahsyat yang bisa penggunanya lakukan, wajar jika kemudian berbagai Doujutsu ini tidak terlalu banyak pemiliknya. Hanya mereka yang kuat saja atau sosok tertentu yang mampu memiliki kekuatan tersebut. Mungkin itu juga maksud Kishimoto mengapa tidak terlalu banyak pengguna dari Dojutsunya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.