Dojutsu merupakan sebuah teknik yang sangat spesial dalam dunia BorutoTeknik ini adalah sebuah jutsu yang menggunakan mata sebagai medianya, dan cukup sering digunakan oleh orang-orang tertentu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seorang ninja memiliki Dojutsu, seperti keturunan. Masing-masing dojutsu memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing yang mana biasanya kekuatannya sangat mematikan.

Doujutsu sendiri merupakan salah satu Jutsu yang sangat populer di franchisenya, selain Ninjutsu. Masashi Kishimoto sendiri sudah memperkenalkan banyak Dojutsu di sepanjang seri Naruto atau pun Boruto. Meskipun begitu, seperti yang disebutkan di atas bahwa tidak semua orang bisa memiliki kekuatan itu. Karena itulah ada beberapa Dojutsu yang penggunanya sangat sedikit. Apa saja?

BACA JUGA: One Piece: Berbagai Fakta Karakter Baru Kurouma!

Rinne Sharingan

Sepintas Rinne Sharingan ini seperti gabungan antara Sharingan dan juga Rinnegan. Tapi, Rinne Sharingan sebenarnya merupakan Doujutsu yang lebih dulu muncul daripada kedua doujutsu tersebut. Doujutsu ini pertama kali muncul di akhir seri Naruto, di mana pemiliknya saat itu adalah Kaguya Otsutsuki. Dia membangkitkan kekuatannya setelah mengonsumsi buah Chakra.

Selain Kaguya, orang yang menjadi Jinchuuriki bijuu ekor 10 juga bisa mengaktifkan Kekkei Genkai khusus ini. Salah satunya adalah Madara Uchiha. Total ada dua orang yang pernah menggunakan atau memiliki teknik mata ini. Rinne Sharingan mampu memberikan kekuatan kepada penggunanya untuk mengeluarkan genjutsu Tsukoyomi. Dengan menggunakan Rinne Sharingan, Kaguya pernah berpindah dari satu dimensi ke dimensi lainnya menggunakan Doujutsu ini dengan mengaktifkan jutsu Amenominaka.

Tenseigan

Awalnya doujutsu ini dimiliki oleh Hamura Otsutsuki dan juga para keturunannya yang ada di bulan. Meskipun bagi para penduduk bulan, doujutsu ini hanyalah Kekkai Genkai biasa. Seseorang yang mengakses Tenseigan akan bisa mengaktifkan juga menggabungkan Chakra Otsutsuki dengan Byakugan yang menjadi Doujutsu khas klan Hyuuga. Selain Hamura, kita juga melihat bagaimana Doujutsu ini muncul pada sosok Toneri.

Saat itu, Toneri mengaktifkan Tenseigan untuk menghadapi Naruto setelah sang Otsutsuki menculik Hinata. Kekuatan Tenseigan hampir mirip dengan Rinnegan, di mana Boruto atau pengguna lainnya mampu mengendalikan gravitasi atau daya tarik bumi sehingga mampu memindahkan posisi bulan. Seperti halnya Rinne Sharingan, total ada dua pengguna dari Doujutsu ini yaitu Hamura dan Toneri Otsutsuki.

BACA JUGA: One Punch Man: 10 Pukulan Saitama Paling Mematikan!

Ketsuryugan

Doujutsu unik ini merupakan Kekkei Genkai dari klan Chinoike. Ketsuryugan sendiri memiliki arti merah menyala, karena ketika mengaktifkan Doujutsu ini mata penggunanya akan berubah menjadi merah menyala. Kekuatan unik dari Ketsuryugan ini adalah penggunanya bisa mengendalikan zat besi di dalam tubuh musuhnya atau cairan lain yang mengandung besi atau logam.

Jika mereka mau, musuhnya bisa mereka hancurkan dalam sekejap menggunakan doujutsu ini. Caranya adalah dengan meledakan sel-sel darah di dalam tubuh musuh yang berakibat pada meledaknya tubuh musuh tersebut. Pengguna dari Doujutsu ini pun hanya berjumlah dua orang yaitu Chino, yang paling populer, dan juga En Oyashiro.

KE HALAMAN 2

1
2