“Fungsi” Lain Dari Zoro Dan Sanji

Selain menjadi “sayap sang raja bajak laut” dua karakter tersebut memiliki “fungsi” lainnya di One Piece. Jika diibaratkan, Zoro adalah pedang bagi Luffy. Sedangkan Sanji adalah perisai/tameng/pelindung. Hal ini sudah bisa kita lihat sejak awal seriesnya. Di arc Arlong Park, Zoro adalah sosok yang berada di depan menyerang bersama Luffy. Sementara Sanji selalu melindungi Luffy.

Sanji adalah orang yang menyelamatkan Luffy ketika dia masuk ke air, sementara Zoro menghabisi para anak buah Arlong. Kemudian hal yang sama kembali terjadi di Little Garden, di mana Zoro bertarung bersama Luffy, sedangkan Sanji berada di kapal Sunny melindungi para kru lain dan juga kapalnya. Hal ini terus terjadi sampai ke Dressrosa.

Dalam hal pertarungan pun kita sering melihat Sanji melindungi Luffy. Saat di Sabaody, sosok yang menahan serangan angkatan laut ke arah Luffy adalah Sanji. Dia benar-benar sangat diandalkan untuk melindungi Luffy dan yang lain. Bahkan, alasan Sanji akhirnya rela pergi ke Whole Cake Island adalah karena dia ingin melindungi krunya. Zoro mungkin adalah sosok yang pada akhirnya rela menerima semua rasa sakit Luffy, saat di Thriller Bark.

BACA JUGA: My Hero Academia: Seberapa Mematikan Simple Growth Shigaraki?

Namun, siapa yang kemudian lebih dahulu maju? Sanji. Semuanya demi melindungi Luffy. Sampai sejauh ini, sudah bisa terlihat dengan jelas bahwa Zoro dan Sanji memiliki “peran” yang berbeda satu sama lain. Ketika mereka mendapatkan peningkatan kekuatan pun, Zoro dan Sanji memiliki tujuan yang berbeda. Zoro mendapatkan Enma demi mengalahkan atau memotong Kaido.

Sedangkan sanji, menggunakan Raid Suit untuk menyelamatkan orang lain. Jadi, kesimpulannya adalah kekuatan mereka mencerminkan kepribadian mereka. Sanji adalah tameng bagi Luffy yang selalu siap melindungi, dan Zoro adalah pedang yang selalu siap untuk ikut menyerang siapa pun. Wajar jika keduanya kemudian menjadi dua sosok kepercayaan Luffy dan menjadi dua sosok yang berharga.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.