Dari sekian banyak elemen menarik di Marvel Comics, Avengers merupakan salah satunya yang selalu menarik untuk kita bahas. Karena Tim Superhero Terbaik Bumi ini adalah elemen yang menyatukan para supehero populer Marvel. Di mana mereka saling bekerja sama dan menyatukan tujuan untuk melindungi Bumi dari segala macam ancamannya. Meskipun saat ini Avengers mempunyai banyak anggota, tetapi pada masa awal debutnya mereka hanya terdiri dari lima superhero saja.

Melalui komik Avengers #1 (1963) karya Stan Lee dan Jack Kirby, sejumlah superhero bersatu untuk mendirikan Avengers. Mereka adalah Iron Man, Ant-Man Hank Pym, Wasp Janet van Dyne, Hulk, dan Thor Odinson. Kelima superhero ini berjuang bersama untuk mengalahkan Loki yang pada saat itu berusaha menguasai dunia. Setelah melakukan berbagai misi bersama, barulah mereka merekrut Steve Rogers alias Captain America agar menjadi lebih kuat.

BACA JUGA: Marvel: 5 Hewan Ajaib dari Asgard!

Pengungkapan Anggota Terlemah Avengers

Seperti yang kita tahu, Avengers adalah Tim Superhero Terbaik Bumi. Namun, ketika berbicara tentang hierarki kekuatan di antara keenam anggota pertama mereka, Marvel mempunyai preferensi sendiri. Di mana mungkin ini akan mengejutkan sebagian penggemar, karena ternyata anggota terlemah di Avengers adalah Captain America. Semuanya bermula dari peristiwa di komik Avengers #10, saat tim supervillain Master of Evil berhasil mengirimnya ke timeline lain.

Ketika para anggota yang tersisa berdiskusi tentang nasib Captain America yang menghilang, mereka sepakat bahwa dari segi kekuatan dia sebenarnya adalah yang terlemah. “Jika menyangkut kekuatan fisik semata, dia (Captain America) adalah anggota terlemah… hanya bergantung pada skill daripada kekuatan,” ungkap Ant-Man kepada para Avengers. Hal ini cukup masuk akal mengingat anggota yang lain memang terkenal sangat kuat pada saat itu. Misalnya Ant-Man dan Wasp yang bisa berubah menjadi raksasa, sehingga mereka mempunyai kekuatan yang sangat luar biasa.

BACA JUGA: Mengenal Fusion Batman & Superman di DC Universe!

Walaupun begitu, masih dalam halaman komik yang sama, mereka juga sepakat bahwa Captain America adalah Avengers sejati. “Jika dia tidak ada, maka itu akan menjadi pukulan telak bagi kita semua,” tambah Thor. Dari sini cukup aman untuk kita simpulkan bahwa Captain America adalah yang terlemah dari para pendirinya. Namun, tidak bisa dimungkiri juga bahwa dialah sosok yang pada akhirnya membuat mereka bersatu dan menjadi lebih kuat, bahkan sampai sekarang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.