Haki merupakan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa yang ada di seri One Piece. Tidak semua orang mampu menggunakan atau membangkitkan Haki. Meskipun sebagian besar orang-orang yang ada di New World memiliki kemampuan ini, namun jika membandingkannya dengan jumlah seluruh orang yang ada di dunia, hanya sedikit saja yang mampu menggunakan kekuatan ini.

Haki sendiri pada dasarnya adalah kemampuan di mana seseorang mampu menggunakan tekad atau semangat mereka untuk sesuatu yang sangat luar biasa dalam sebuah pertarungan. Haki sendiri, seperti yang kita ketahui, di bagi menjadi tiga jenis. Pertama adalah Observation Haki, kemudian Armament Haki, dan Conqueror Haki.

Kita tentunya sudah mengetahui apa dan bagaimana serta seberapa kuat Haki di dalam serinya. Tapi, informasi tentang Haki baru muncul ketika Luffy berlatih bersama dengan Rayleigh. Namun, sebenarnya kekuatan dari Haki sendiri sudah Oda perlihatkan bahkan sejak chapter atau episode pertama serinya. Hal ini bisa kita lihat ketika Shanks menggunakan Conqueror Haki untuk menaklukan salah satu Sea Kings.

BACA JUGA: DC: 7 Kematian Superhero Paling Kontroversial!

Bagaimana Cara Kerja Haki?

Menurut penjelasan dari Silvers Rayleigh, Haki adalah bentuk manifestasi fisik dari kekuatan spiritual. Atau secara simpelnya adalah bentuk atau perwujudan dari terkad atau kekuatan spiritual seseorang. Artinya dengan tekad atau semangat yang besar di dalam diri mereka, maka mereka pun akan memiliki kemampuan Haki yang sangat luar biasa. Dan dengan tekad atau semangat yang tinggi akan memberikan kemampuan dan keuntungan lebih dalam sebuah pertarungan.

Biasanya, kemampuan Haki akan muncul ketika mereka menghadapi lawan yang jauh lebih kuat. Misalnya ketika Luffy harus menghadapi Doflamingo di arc Dressrosa. Atau ketika menghadapi Katakuri di arc Whole Cake Island dan juga menghadapi Kaido di arc Wano. Namun, Luffy juga pernah menghadapi lawan yang levelnya jauh di bawahnya. Dia pernah menggunakan Conqueror Haki untuk menghancurkan bajak laut Demalo Black, ketika mereka menirukan kelompok Topi Jerami di Sabaody.

Tekad atau semangat tersebut kemudian bisa penggunanya salurkan atau arahkan ke berbagai hal. Misalnya, mereka bisa menggunakan tekad tersebut untuk berubah menjadi armor. Atau bisa juga mengubah sebagian anggota tubuh mereka menjadi keras, misalnya pada bagian kepala atau lengan atau kaki. Bisa juga mereka mengeraskan seluruh bagian tubuh, seperti karakter Vergo.

Selain mengeraskan bagian tubuh, aliran tekad atau semangat itu juga bisa melapisi berbagai objek atau benda seperti pedang atau apa pun. Misalnya peluru milik Ben Beckmann atau pedang milik Zoro atau anak panah milik suku Kuja. Inilah yang kemudian kita kenal dengan Armament Haki atau Busoshoku Haki atau Haki Persenjataan. Namun, ada satu fungsi utama dari Haki ini.

BACA JUGA: Pemeran Homelander Jadi Villain di MCU?

Armament Haki adalah cara untuk menghadapi pengguna buah iblis, apalagi jenis Logia. Dengan menggunakan Haki ini, maka mereka akan mampu menahan bentuk asli dari pengguna buah iblis. Contohnya ketika Rayleigh menahan serangan dari Kizaru saat di Sabaody. Atau ketika Hancock menahan serangan Smoker. Tanpa Haki ini mereka akan kesulitan menghadapi pengguna Logia.

KE HALAMAN 2

1
2