Sogeking

Nama samaran Sogeking merupakan salah satu nama samaran yang paling populer dari Usopp, dan juga merupakan nama samaran pertama yang dia gunakan dalam ceritanya. Nama Sogeking sendiri Usopp gunakan pertama kali di arc Enies Lobby. Saat itu, Usopp dan Luffy sedang dalam situasi yang tidak baik pasca hancurnya Going Merry. Usopp memutuskan untuk keluar dari kelompok bajak laut Topi Jerami.

One Piece: 4 Nama Samaran Usopp!, Greenscene

Namun, ketika dia melihat upaya Luffy untuk menyelamatkan Nico Robin, akhirnya Usopp pun mencari jalan untuk bisa membantunya. Dan cara tersebut adalah menyamar menjadi orang lain. Usopp menggunakan topeng dan mengaku sebagai Sogeking. Kata Sogeking sendiri berasal dari ‘Sogeki’ yang berarti penembak jitu dalam bahasa Jepang, serta kata ‘King’ dari bahasa Inggris.

Dengan menggunakan identitas ini, Usopp pun membantu kru Topi Jerami lainnya menyelamatkan Robin. Konyolnya, ketika kru Topi Jerami lain menyadari siapa Sogeking yang sebenarnya, hanya Luffy yang terlalu polos untuk menyadari bahwa itu adalah Usopp. Yang menarik juga adalah di arc Water Seven, tidak ada nama Usopp yang muncul dalam daftar buruan terbaru. Justru nama Sogeking yang muncul dengan nilai buruan yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Ini Pesan Oda Tentang Final Saga One Piece!

God Usopp

Dari semua nama atau identitas samaran yang pernah Usopp gunakan, selain Sogeking, identitas “God Usopp” merupakan yang paling legendaris dan paling populer. Ironisnya, berbeda dengan identitas samaran yang lain, “God Usopp” justru lahir secara tidak sengaja. Bahkan, bisa kita katakan nama samaran ini lahir karena kesalahan pahaman. Nama ini lahir ketika Usopp berada di arc Dressrosa.

One Piece: 4 Nama Samaran Usopp!, Greenscene

Dalam ceritanya, Usopp diperlihatkan berhasil menyelamatkan nyawa banyak orang dari kekuatan Sugar. Salah satu bawahan Doflamingo itu memiliki kekuatan untuk mengubah seseorang menjadi mainan. Ketika seseorang berubah menjadi mainan, maka mereka akan dilupakan oleh orang-orang. Satu-satunya jalan untuk mengembalikan semua itu adalah dengan membuat Sugar tidak sadarkan diri. Dan itulah yang Usopp lakukan.

Setelah pertarungan epik melawan Sugar, Usopp akhirnya berhasil menyelamatkan semua orang dari penderitaannya, membebaskan semua orang yang menjadi mainan akibat ulah Sugar. Usopp kemudian diangkat oleh seorang raksasa. Hal itu membuat orang-orang yang melihat Usopp dari bawah mengira Usopp mirip seperti seorang dewa atau tuhan, karena sosoknya terselimuti oleh cahaya.

Yang konyolnya juga adalah setiap ucapan yang Usopp katakan, justru dianggap sebagai sebuah firman atau wahyu. Namun, pada faktanya, saat itu Usopp terluka parah sehingga tidak mampu untuk berbicara dengan baik. Entah sengaja atau tidak, sepertinya Oda menghadirkan identitas God Usopp sendiri hanya sekedar untuk bahan lelucon saja, yang mana hal tersebut berhasil.

Usopp adalah salah satu karakter yang unik dan menarik yang muncul dalam seri One Piece. Selain karena tingkah konyolnya, serta bagaimana dia selalu membual akan berbagai hal, Usopp juga menarik karena mampu menghadirkan sesuatu yang berbeda seperti memiliki banyak nama samaran. Apakah di arc selanjutnya Usopp juga akan memiliki nama samaran lain? Kita nantikan saja ya Geeks!