Sejak pertama kali Marvel Comics merilis kisah para dewa pada tahun 50-an, tidak sedikit penggemar yang menyambut baik hal tersebut. Apalagi setelah Thor mulai menjadi salah satu superhero Marvel melalui komik Journey into Mystery #83 (1962). Para penggemar merasa kisah Marvel menjadi lebih kaya setelah mengambil beberapa referensi dari mitologi para dewa Bumi. Tanpa terkecuali kisah Asgard dan rajanya yaitu All-Father Odin, di mana dia terkenal sebagai penguasa sekaligus pelindung Nine Realm.

Bumi alias Midgard sendiri termasuk ke dalam salah satu wilayah kekuasaan Odin dan merupakan bagian dari Nine Realm. Menariknya, meskipun awalnya banyak penggemar yang mengira bahwa Nine Realm adalah alam semesta, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena ada satu dunia di alam semesta yang gagal Odin kuasai, yaitu Heven alias Tenth Realm. Kali ini kita akan membahas tentang apa itu Heven di Marvel Universe, dan mengapa Odin bisa gagal menaklukannya.

BACA JUGA: Adakah Thor di GOTG 3? Ini Jawaban James Gunn!

Surga yang Dibuang Oleh Odin

Heven alias Heaven adalah dunia yang merupakan bagian dari Ten Realm di Marvel Universe. Marvel sendiri pertama kali menceritakan keberadaan Heven di komik Guardians of the Galaxy Vol. 3 #7 (2013) karya Brian Michael Bendis, Neil Gaiman, Sara Pichelli, dan Valerio Schiti. Pada dasarnya Heven adalah dunia surga sekaligus tempat asal para malaikat. Sebagai bagian dari Ten Realm sebenarnya Odin pernah berusaha untuk menguasainya juga. Pertempuran demi pertempuran terjadi antara Asgard dan Heven, setidaknya sampai Queen of Angels membunuh bayi perempuan Odin yang bernama Aldrif.

Perbuatan pemimpin para malaikat tersebut pada akhirnya membuat Odin marah dan tidak berselera lagi untuk menguasai Heven. Dengan kekuatan Odinforce-nya, dia langsung membuang Heven dengan memutus semua hubungannya dengan All Realm dan Pohon Dunia, Yggdrasil. Saking kuatnya kutukan dari kekuatan Odinforce, Heven makin menjauh dari ‘semesta’ dan mulai dilupakan. Di sisi lain, kekuatan Odinforce justru membuat Heven bisa berdiri sendiri sebagai dunia tunggal di Marvel Universe.

BACA JUGA: 10 Thor Terkuat di Marvel Universe!

Setelah ribuan tahun berdiri sendiri, Heven mulai goyah setelah Loki dan Thor menggabungkannya kembali dengan Ten Realm. Heven yang awalnya bergantung pada Odinforce mau tidak mau harus kembali mengandalkan kekuatan Yggdrasil, di mana prosesnya memicu perdebatan di antara para malaikat. Itulah mengapa sebagian besar dari para malaikat, termasuk Queen of Angels, kembali menyatakan permusuhannya terhadap Asgard dan Midgard. Namun, karena para malaikat baru sama asingnya dengan manusia terhadap Heven, beberapa di antaranya memilih untuk menolak pertikaian.

KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.