Bagi seorang bajak laut dalam cerita One Piece nilai buruan adalah sesuatu yang sangat penting. Hal tersebut menentukan apakah dia adalah seorang bajak laut yang kuat, berbahaya, atau mampu membawa kehancuran bagi dunia. Semakin kecil nilainya, maka artinya bajak laut tersebut kurang mendapatkan perhatian Pemerintah Dunia dan angkatan laut.

Bisa juga karena aksi yang dia buat tidak begitu memancing kegaduhan. Namun, semakin tinggi nilainya artinya Pemerintah Dunia dan angkatan laut semakin waspada. Mereka juga semakin memperhatikan setiap apa pun yang dilakukan oleh para buronan tersebut. Berbicara mengenai nilai buruan, sejauh ini, Gol D. Roger masih memegang rekor sebagai bajak laut yang memiliki nilai buruan paling tinggi yaitu 5,564 milliar Belly.

Nilai ini satu tingkat di atas Whitebeard yang memiliki nilai buruan 5.046 milliar Belly. Sedangkan para Yonko menghiasi deretan selanjutnya, dengan rata-rata nilai buruannya adalah 4 milliar Belly. Tapi bila melihat Yonko yang lain, Blackbeard memiliki nilai buruan paling rendah yaitu hanya di angka 2,5 miliar Belly.

Nilai Buruan Luffy di One Piece

Jika berbicara tentang nilai buruan, saat ini nilai buruan Luffy sudah meningkat dua kali lipat. Pada awalnya, nilai buruan Luffy ada di angka 1,5 milliar Belly. Namun, pasca pertarungannya melawan Kaido di arc Wano Country dan berhasil menang, akhirnya nilai buruan Luffy meningkat jadi 3 miliar Belly. Angka tersebut juga ternyata menjadi milik dua bajak laut lainnya, Law dan Kid.

Memang sempat ada perdebatan di kalangan fans yang tidak puas dengan nilai buruan tersebut. Namun, dengan kekuatan yang Luffy miliki saat ini bukan tidak mungkin jika dia akan memiliki nilai buruan yang sama dengan Roger. Atau bahkan mungkin nilai buruan Luffy nanti akan berhasil melampaui nilai buruan Roger sebelumnya. Jika hal tersebut terjadi tentunya Luffy akan menjadi sosok legenda baru.

Berbicara mengenai nilai buruan akhir Luffy, terdapat sebuah teori yang menarik yang ada di kalangan fans. Jika Geeks perhatikan sepertinya Eiichiro Oda senang dengan angka 5 dan 6. Karena, dalam bahasa Jepang kedua angka tersebut jika digabungkan bisa kemudian membentuk kata “Gomu”. Jadi, Oda mungkin akan membuat nilai buruan akhir Luffy di angka 5.600.000.000 Belly.

Dan angka 5 dan 6 tersebut terkadang muncul dalam ceritanya. Contohnya adalah angka yang digunakan Luffy pada saat di Colosseum dalam arc Dresrossa adalah 0556. Kemudian jumlah keseluruhan dari kru bajak laut yang bergabung atau beraliansi dengan Monkey D. Luffy kurang lebih berjumlah 5600 orang (sekarang berjumlah 5640 dan bisa jadi berakhir di angka 5656).

Masih ada beberapa petunjuk lainnya yang memperlihatkan jika Oda senang dengan angka tersebut. Lagipula, pada dasarnya Luffy adalah karakter protagonis utama dalam seri ini jadi kemungkinan besar bahwa nilai buruan Luffy akan sangat besar.

KE HALAMAN 2

1
2