Roronoa Zoro

Kru paling kuat kedua setelah Luffy di kru bajak laut Topi Jerami. Menjadi tangan kanan dari Luffy, Zoro sudah berlatih kemampuannya berpedang dan juga kekuatannya sejak lama. Karena itulah, saat ini sudah menjadi Zoro yang berbeda daripada Zoro di awal kemunculannya. Salah satu peningkatan kekuatan dahsyat dari Zoro adalah bagaimana dia berhasil mengaktifkan Haki miliknya.

Berdasarkan kolom SBS, Oda menjelaskan bahwa Zoro memiliki spesialisasi atau keahlian dalam Armament Haki. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa momen, seperti saat bertarung di Dressrosa atau ketika bertarung melawan Kaido di Onigashima. Yang menarik  adalah ternyata selain Armament Haki, dia juga memiliki Conqueror Haki. Kaido sendiri yang mengonfirmasi hal tersebut. Dan dalam pertarungan King sendiri kita melihat bukti dari hal tersebut.

Yamato

Yamato sebenarnya belum resmi menjadi anggota kru Topi Jerami, karena Luffy masih belum memberikan keputusan. Namun, banyak fans meyakini bahwa dia akan menjadi bagian dari kelompok bajak laut ini. Yamato sendiri adalah salah satu karakter baru yang muncul dalam arc Wano Country, yang sekaligus juga merupakan anak dari sang Yonko Kaido.

Meskipun pada awalnya Yamato bukan merupakan sosok yang kuat. Namun, karena dia selalu kalah dan terus menerus bertarung melawan Kaido, akhirnya dia pun mampuv meningkatkan kekuatannya sampai pada level di mana dia mampu menandingi kekuatan Kaido. Selain kekuatan fisik, Yamato juga ternyata menguasai tiga jenis Haki. Salah satu buktinya adalah dia pernah membuat para penjaga di penjara batu pingsan akibat Conqueror Haki miliknya.

BACA JUGA: One Piece: Akankah Katakuri Gabung Topi Jerami?

Monkey D. Luffy

Untuk sosok Luffy, rasanya Geeks semua pun sudah mengetahui bahwa dia memang pengguna semua jenis Haki. Luffy berlatih tiga jenis Haki selama time-skip yang berjalan dua tahun di Rusukaina. Silvers Rayleigh adalah sosok yang mengajari langsung Luffy tentang kemampuan Haki. Meskipun pada awalnya Luffy baru mempelajari kemampuan dasar dari Haki, tetapi seiring berjalannya waktu kemampuan Haki Luffy terus meningkat.

Luffy pun semakin ahli dan mampu untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Luffy sudah mulai bisa melihat ke masa depan meskipun hanya beberapa detik. Hal ini terbukti ketika dia bertarung menghadapi Katakuri, dan ketika dia terkurung di penjara Udon. Dan yang paling epik tentunya adalah ketika Luffy menggunakan Advanced Conqueror Haki untuk bisa menghadapi Kaido.

Dengan menggunakan kemampuan Haki, level kekuatan dari kru Topi Jerami cukup meningkat drastis. Dan rasanya memang sudah waktunya mereka memiliki atau mempelajari Haki, karena lawan yang akan mereka hadapi selanjutnya akan sangat kuat dan tangguh. Tanpa kemampuan ini, mereka mungkin tidak akan bertahan menghadapi serangan buah iblis yang membahayakan nyawa mereka.

Kru Topi Jerami menjadi salah satu kelompok bajak laut yang memiliki kru dengan kemampuan Haki terbanyak. Beberapa karakter di atas menjadi bukti bahwa mereka memang memiliki keahlian dalam menggunakan Haki. Menarik tentunya untuk melihat apakah kru lainnya seperti Nami, Nico Robin, dan sebagainya juga akan memiliki kemampuan Haki.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.