Di kisah Fourth World inilah pecahan Godwave mulai menciptakan dunia baru, yaitu New Genesis dan Apokolips. New Genesis adalah dunia yang asri dan indah, sedangkan Apokolips adalah dunia yang berapi-api dan sangat berbahaya. Dari dua dunia ini lahirlah para dewa baru, yaitu New God, di mana Izaya menjadi pemimpin adil di New Genesis dan Darkseid menjadi pemimpin tiran di Apokolips. Sejak saat itulah para New God lain mulai bermunculan, seperti DeSaad, Steppenwolf, Orion, dan Mister Miracle. Seperti Old God, para New God juga terlibat dalam perang abadi antara New Genesis dan Apokolips.

Perbedaan Konsep Dewa Antara Marvel dan DC

Berdasarkan penjabaran di atas, cukup jelas bahwa Marvel dan DC mempunyai cara yang berbeda dalam memperkenalkan konsep dewanya masing-masing. Dewa Marvel yang sekarang adalah para dewa yang berasal dari mitologi kuno Bumi dan terlahir dari Elder God. Di sisi lain, DC justru menggambarkan para dewa dari mitologi sebagai Old God, yang akhirnya musnah dan sampai akhirnya muncul para dewa yang lebih penggemar kenal dengan sebutan New God.

Berdasarkan perbedaan yang cukup besar ini, cukup masuk akal mengapa dewa di Marvel lebih sering muncul dalam setiap kisahnya. Karena mereka memang sudah mendarah daging dan mempunyai mitologi sendiri. Sedangkan di DC, setelah para Old God musnah, para New God justru jarang mengambil peran di alam semesta. Karena setiap kemunculan mereka tidak lebih dari supervillain atau superhero yang berbaur dengan karakter lain. Itulah perbedaan konsep dewa di Marvel Universe dan DC Universe.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.