Mjolnir Replica

Di kisah Civil War II (2003), perang saudara antara para superhero Marvel diceritakan kembali pecah. Sama seperti Civil War pertama, di Civil War II ini Thor masih tidak ikut terlibat dalam perang para manusia super di Bumi. Pada titik inilah kubu Iron Man kemudian mendapatkan ide untuk membuat kloning robot Thor yang bernama Ragnarok. Bersamaan dengan kloning tersebut, Iron Man, Mister Fantastic, dan Skrull yang menyamar sebagai Hank Pym, kemudian menciptakan Mjolnir Replica dengan teknologi Bumi. Meskipun tiruan, tetapi ternyata Replica ini bisa mengeluarkan proyektil petir juga.

Stormcaster

Stormcaster merupakan replika ciptaan Loki, yang kemudian dia berikan kepada Ororo Munroe alias Storm di komik X-Men Annual #9 (1985). Ketika Storm mengangkatnya, Stormcaster ternyata sama-sama mampu membuatnya menjadi Goddess of Thunder seperti Thor. Kekuatan Stormcaster kurang lebih sama seperti Mjolnir, di mana Storm bisa melemparkannya dan memanggilnya sesuka hati. Setelah mengetahui bahwa Loki sengaja memberikan Stormcaster untuk memanipulasinya, Storm akhirnya memutuskan untuk melepasnya dan kembali sebagai mutan pengendali cuaca seperti sebelumnya.

Itulah lima tiruan atau replika Mjolnir yang pernah Marvel ceritakan di komiknya. Berbagai tiruan ini ternyata mempunyai maksud dan tujuan yang kurang lebih sama, yaitu membuat penggunanya seakan-akan menjadi God of Thunder. Meskipun beberapa di antaranya memang tercipta atas perintah Odin langsung, tetapi hal tersebut tidak mengubah fakta bahwa kelima palu sihir ini hanyalah replika. Bagaimana menurut kalian, apakah kelima replika ini layak menggantikan posisi Mjolnir asli di Marvel Universe?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.