Palu andalan Thor, Mjolnir, merupakan bagian dari identitas sekaligus warisan sang God of Thunder, mirip seperti perisai Captain America atau armor Iron Man. Baik di Marvel Universe maupun di MCU, Mjolnir adalah senjata kosmik yang mampu memaksimalkan kekuatan Thor. Di mana dia biasanya menggunakan Mjolnir berbagai macam tujuan, mulai dari terbang, sampai memanggil energi petir yang sangat dahsyat.

Muncul pertama kali di komik Journey into Mystery #83 (1962), Mjolnir sendiri terbuat dari logam Uru yang sangat langka. Kemudian setelah jadi, Odin menyihirnya agar hanya orang-orang layak yang bisa menggunakannya. Meskipun sejatinya Mjolnir adalah benda mati, tetapi seiring berjalannya waktu, ternyata senjata terbaik Asgard ini juga pernah dirasuki oleh beberapa entitas kosmik yang membuatnya lebih kuat. Berikut tiga entitas kosmik yang pernah bersemayam di dalam Mjolnir dan membuatnya tampak hidup.

Phoenix Force

Di Marvel Universe, Phoenix Force merupakan salah satu entitas kosmik terkuat yang telah ada sejak awal alam semesta. Mempunyai bentuk seperti burung api, Phoenix sering kali merasuki makhluk kuat untuk kemudian menghancurkan semuanya yang dia tidak suka. Di komik Thor #6 (2018) karya Jason Aaron, Phoenix pernah merasuki Wolverine dan membuatnya hidup selama berabad-abad. Komik yang bercerita tentang kejadian masa depan ini, kemudian mempertemukan Wolverine dengan sahabat lamanya, Thor, pada suatu titik. Di mana pada saat yang bersamaan supervillain Doctor Doom juga muncul.

Kemunculan Doom sendiri sebenarnya adalah karena dia ingin mengklaim kekuatan Phoenix dari Wolverine. Merasa tidak punya pilihan lain, Wolverine memutuskan untuk melakukan pengorbanan heroik dengan memasukan Phoenix ke dalam Mjolnir Thor. Karena dia tahu bahwa Doom tidak mungkin mempunyai kelayakan untuk mengangkat Mjolnir. Saat Thor mengangkatnya, dia langsung berubah menjadi Mighty Thunderbird alias King Phoenix God of Fire, yang bisa mengeluarkan kekuatan petir sekaligus api dari Mjolnir. Pada akhirnya Thor menggunakan Mjolnir berkekuatan kosmik untuk mengalahkan Doom.

God Tempest

Ketika pertempuran terakhir di komik War of the Realms (2019) karya Jason Aaron terjadi, Thor pernah memanggil entitas kosmik God Tempest untuk menempa ulang Mjolnir. Hal ini memang terbukti membuat Mjolnir menjadi lebih kuat. Namun, yang tidak Thor ketahui, ternyata God Tempest telah memasukan esensi petir dirinya saat menempa Mjolnir. Sehingga palu andalannya ini tampak seperti mempunyai kehidupannya sendiri. Di mana Mjolnir dengan sengaja membuat Thor tidak layak, sampai akhirnya dia terpaksa meninggalkannya di Avengers Mountain.

Pada saat inilah esensi petir God Tempest di dalam Mjolnir keluar dengan wujud seorang wanita yang mengaku sebagai God of Hammer. Berbagai upaya Thor lakukan agar palunya kembali seperti semula. Mulai dari menyegelnya di Void, kemudian menguburnya di bawah pegunungan, sampai akhirnya Thor membawa Mjolnir ke tempat kelahirannya, Nidavellir. Di sinilah Thor akhirnya bisa memisahkan esensi petir God Tempest setelah membakar Mjolnir dengan api yang berasal dari jutaan Matahari.

KE HALAMAN 2

1
2