Memiliki Kemampuan Bertarung Dahsyat

Banyak karakter di serinya yang memiliki kekuatan dahsyat berkat kemampuan natural yang mereka miliki. Namun, berlatih di bawah mentor yang tepat adalah faktor krusial untuk membuka atau memperlihatkan potensi penuh dari karakter tersebut. Goten sendiri beruntung memiliki sosok kakak yang luar biasa, yaitu Gohan. Di bawah asuhan sang kakak, Goten menjadi sosok yang ahli dalam bertarung.

Namun, sayangnya, meskipun Goten memiliki kekuatan yang dahsyat dia jarang tampil dalam ceritanya. Inilah yang kemudian membuat Goten kurang mendapatkan sorotan. Selain itu, Goten juga kurang memperlihatkan kemampuannya dalam cerita yang mana hal ini tentunya perlu untuk dirubah. Salah satu pertarungan yang cukup signifikan bagi Goten adalah ketika dia bertarung melawan Trunks, itu pun sebenarnya lebih kepada latih tanding dan bukan bertarung.

Lebih Kuat dari Gohan?

Membandingkan potensi Goten dan Gohan sebenarnya cukup miris. Sejauh ini, pencapaian besar Goten adalah mampu mengakses Super Saiyan di usia yang sangat muda. Hal itu mengindikasikan bahwa dia memiliki potensi yang sangat besar dari sang kakak. Sayangnya, selain dari Buu Saga, Goten tidak memiliki pengalaman bertarung apa pun untuk membuatnya menjadi jauh lebih kuat.

Bahkan, tidak ada jawaban pasti apakah Goten akan berkembang menjadi sosok karakter yang jauh lebih kuat pada masa yang akan datang. Pasalnya, dia terus “diasingkan” dari cerita di serinya. Ini tentunya menjadi pekerjaan rumah dari Akira Toriyama untuk kemudian menghadirkan kembali sosok Goten. Serta, Toriyama Sensei perlu untuk menghadirkan perkembangan karakter yang lebih baik bagi Goten.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.