Franchise Dragon Ball karya Akira Toriyama sudah merasakan kesuksesan sejak awal kemunculannya pada 1980an. Franchisenya menghadirkan cerita yang unik dan juga menarik. Namun, selain itu, mereka juga banyak menghadirkan karakter-karakter luar biasa di serinya. Dan karakter tersebut juga tidak kalah kuat dengan sang protagonis utama, Goku. Salah satu karakter yang muncul adalah Goten.

Goten sendiri merupakan karakter yang muncul di seri Dragon Ball Z, tepatnya di Buu Saga. Dia menjadi salah satu karakter yang ikut membantu menjaga kedamaian bumi. Sejak kecil, Goten sudah memiliki kekuatan yang luar biasa. Bahkan, ada beberapa kemampuan dari Goten yang tidak dimiliki oleh karakter lain. Apa saja?

Mampu Menggunakan Kamehameha

Seri Dragon Ball penuh dengan berbagai serangan energi yang dahsyat dan unik. Namun, Kamehameha sudah menjadi ikon sekaligus teknik yang memang erat kaitannya dengan Dragon Ball. Meskipun bukan Goku yang menciptakan tekniknya, namun dialah yang kemudian mengajarkan teknik tersebut kepada orang lain. Contohnya tidak lain adalah Goten.

Rasanya sangat luar biasa sekaligus sangat menyentuh melihat bagaimana Goku mewariskan teknik serangan khasnya kepada anak-anaknya. Dan bahkan, teknik ini juga menjadi salah satu andalan bagi Goten. Dia sering kali melakukan serangan Kamehameha bersama ayah dan juga kakaknya. Meskipun mungkin Goten bisa mempraktikan teknik lainnya, namun ini menjadi sesuatu yang spesial.

Mengaktifkan Super Saiyan di Usia Muda

Salah satu perdebatan yang cukup hangat di kalangan fans adalah bagaimana sebuah karakter bisa dengan mudah mengakses kekuatan seperti Super Saiyan. Sebenarnya, mengakses kekuatan tersebut pada awalnya merupakan sesuatu yang sulit apalagi untuk Goku, Vegeta, dan Future Trunks. Namun, pada praktiknya, setelah semua itu semuanya terasa lebih mudah apalagi untuk Goten.

Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana Goten tidak perlu mengalami momen kekalahan, sedih, marah, atau hal semacamnya untuk memicu transformasi tersebut. Goten seolah-olah memang terlahir untuk langsung bisa melakukan teknik tersebut. Bahkan, Goten masih berusia tujuh tahun ketika dia mengakses Super Saiyan, yang mana dia menjadi karakter termuda yang pernah mengakses kekuatan ini.

KE HALAMAN 2

1
2