Thor: Love and Thunder merupakan salah satu film Marvel Cinematic Universe yang bertabur bintang. Selain Christian Bale yang berperan sebagai supervillain Gorr the God Butcher, film ini juga lebih meriah dengan keterlibatan aktor Russell Crowe. Di mana dia memainkan peran yang sesuai dengan harapan penggemar, yaitu sebagai salah satu dewa di MCU. Dan yang lebih menariknya lagi, dia tidak berperan sebagai dewa sembarangan, melainkan sebagai Zeus, sang God of Lightning dari Olympus.

Berdasarkan apa yang terlihat di trailer Love and Thunder, cukup jelas bahwa Zeus dari Crowe mempunyai peran penting di filmnya. Kemunculannya terlihat mendapatkan sambutan hangat dari para dewa di Omnipotence City. Sesuai dengan penggambaran Zeus yang agung, dia terlihat mengenakan armor emas dan juga banyak dewi cantik yang mengelilinginya. Meskipun penampilannya cukup memukau, ternyata baru-baru ini terungkap bahwa Crowe tadinya hampir memerankan karakter lain.

Peran Awal Russell Crowe di Love and Thunder

Pertama kali terungkap melalui postingan seniman Miles Teves di Instagram, penggemar dapat melihat konsep penampilan Russell Crowe sebagai Satan. Teves mengungkapkan bahwa Odd Studio di Autralia meminta dia untuk membuat gambar konsep Satan. Di mana tadinya dia akan melakukan penampilan cameo jenaka di Love and Thunder. Pada gambar konsep pertama dan kedua kita bisa melihat penampilan Satan dari Crowe yang mempunyai tubuh faun (setengah manusia, setengah kambing). Meskipun dia tampak tersenyum, tetapi di tangannya ada potongan kaki yang membuatnya sangat mengerikan.

Di Marvel Comics, sendiri sebenarnya ada banyak sekali karakter dari Neraka yang sering disalah artikan sebagai Satan. Namun, saat ini sosok yang benar-benar memegang identitas sebagai Satan adalah Marduk Kurios, ayah Daimon Hellstrom. Debut pada tahun 1973, Marduk juga cukup sering muncul sebagai Lucifer atau B.L. Zeebub. Dan dalam sejarahnya, Marduk belum pernah berurusan dengan Thor. Mungkin julukannya sebagai ‘God of the End of all Things’ yang tadinya hampir membuat dia muncul di Love and Thunder.

Masih belum terungkap mengapa pada akhirnya Satan tidak jadi muncul di filmnya. Terlepas dari alasan sebenarnya, kemunculan Crowe sebagai dewa Zeus justru terasa lebih berdampak untuk film Love and Thunder. Karena dialah orang yang akhirnya membuat penggemar tahu bahwa tidak semua dewa itu baik. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Apakah Russell Crowe lebih cocok menjadi Zeus atau Satan?