Penggemar setia komik Amerika pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Galactus di Marvel Comics. Pada dasarnya dia adalah entitas kosmik Marvel, seperti Celestial di film Eternals, Watcher di serial What If…?, dan Living Tribunal. Meskipun dia belum sempat muncul di Marvel Cinematic Universe, tetapi sejarahnya di Marvel Universe sangatlah panjang. Debut pada tahun 1965, sampai sekarang ia terkenal sebagai sang Devourer of Worlds yang menebar teror di kosmos Marvel.

Muncul pertama kali di komik Fantastic Four #48, karakter yang mempunyai nama asli Galan ini adalah ciptaan Stan Lee dan Jack Kirby. Selain mempunyai hobi memakan planet, Galactus sendiri mempunyai penampilan yang sangat menyeramkan. Di mana ukurannya sangat luar biasa besar dengan armor berwarna ungu dan biru yang menyelimuti sebagian besar tubuhnya. Meskipun fisiologinya seperti manusia, tetapi hanya bagian mulutnya saja yang terlihat manusiawi. Walaupun begitu, dalam beberapa kisah, ternyata dia juga pernah tidak mengenakan helmnya dan memperlihatkan wajah aslinya.

Wajah Asli Galactus

Seperti yang bisa kita lihat di atas, di balik helmnya ternyata Galactus terlihat seperti manusia. Dia mempunyai sepasang mata, telinga, hidung, mulut, bahkan keriput dan juga rambut plontos. Penampilan tanpa helm tersebut bisa kita lihat di halaman komik Thanos #5 karya Jim Starlin, Al Milgrom, dan Christie Scheele. Di komik ini, Galactus berhadapan dengan sang Mad Titan, Thanos. Saat Thanos melancarkan serangan mematikan ke kepala Galactus, helm raksasanya terjatuh dan mengungkap wajah aslinya.

Sebenarnya sebelum dia menjadi Galactus, Galan adalah seorang alien dari Planet Taa yang fisiologinya mempunyai kemiripan dengan manusia. Namun, semuanya mulai berubah setelah dia bergabung dengan Sentience of the Cosmos. Telepas dari kita melihatnya seperti manusia, ternyata komik Fantastic Four #262 karya John Byrne dan Glynis Wein juga sempat menjelaskan bahwa penampilannya tergantung dari ras yang melihatnya. Misalnya jika ras alien Skrull melihat Galactus, maka dia akan mempunyai penampilan seperti Skrull raksasa.

Selama bertahun-tahun, Marvel sendiri memang jarang sekali memperlihatkan wajah asli Galactus. Namun, sekarang setidaknya kita bisa tahu seperti apa penampilan aslinya di balik helmnya. Bagaimana menurut kalian, Geeks? Apakah wajahnya sesuai dengan bayangan kalian?