Uchiha Sasuke

Sasuke merupakan satu-satunya yang terisa dari pembantaian klan Uchiha oleh Itachi. Dia tumbuh dengan rasa benci yang mendalam kepada kakaknya tersebut, meskipun pada akhirnya dia bisa membalaskan dendamnya kepada Itachi. Dia juga merupakan satu-satunya shinobi yang mampu menandingi kekuatan Naruto dalam pertarungan.

Naruto: 5 Shinobi yang Lampaui Kekuatan Sang Guru!, Greenscene

Sasuke sudah berkembang menjadi seorang shinobi yang sangat luar biasa, bahkan bila membandingkannya dengan keluarga Uchiha lain. Dia dan Naruto merupakan mantan murid dari Kakashi, yang mana setelah petualangan dan perkembangan kekuatan Sasuke selama ini dia sudah berhasil melampaui jauh kekuatan Kakashi. Puncak kekuatan Sasuke sendiri adalah ketika dia berhasil mendapatkan chakra Six Path dan mengaktifkan Rinnegan.

Uzumaki Naruto

Selain Sasuke, contoh nyata bagaimana murid berhasil melampaui kekuatan gurunya adalah Uzumaki Naruto. Sang protagonis utama dalam seriesnya memang diketahui merupakan salah satu karakter terkuat di seluruh franchise ini. Naruto sudah mendapatkan kekuatan Six Path Sage Mode berkat Hagoromo Otsutsuki. Hal ini belum lagi ditambah oleh kekuatan yang diberikan oleh Kurama sang monster ekor sembilan.

Naruto: 5 Shinobi yang Lampaui Kekuatan Sang Guru!, Greenscene

Meskipun Kurama sudah tidak lagi bersama Naruto, kekuatannya masih tetap saja berada di atas level dari sosok Kakashi, yang merupakan gurunya. Bahkan, level kekuatan Naruto pun berada di atas level Jiraiya, guru lain dari Naruto selain Kakashi. Kekuatan yang dia miliki cukup untuk bisa mengalahkan Momoshiki Otsutsuki. Bahkan, dia juga yang mengalahkan Isshiki meskipun harus mengorbankan nyawa Kurama.

Perkembangan kekuatan dari para murid yang sangat luar biasa ini tentunya berhasil membuat guru mereka bangga. Karena, apa yang mereka lakukan untuk mengubah murid-murid tersebut menjadi lebih baik ternyata berhasil. Ini menjadi bukti bahwa usaha dan kerja keras para karakter tersebut, dan juga beberapa “keuntungan” lainnya, menjadi faktor utama untuk bisa melampaui kekuatan dari sang guru.

1
2