Dalam cerita di franchise Naruto, hubungan yang terjalin antara murid dan guru menjadi salah satu hal utama. Koneksi tersebut seolah menjadi modal bagaimana seorang shinobi akan bersikap, atau bagaimana nasib shinobi pada masa yang akan datang. Selain tema tentang pertarungan dan perjuangan untuk menjadi yang terkuat, ini juga menjadi salah satu hal menarik dari franchisenya.

Bahkan, bisa kita katakan bahwa hubungan antara murid dan guru tersebut menjadi salah satu ikon serinya. Misalnya, kita melihat hubungan antara Rock Lee dan juga Guy yang sangat unik dan penuh komedi. Atau Team 7 era Naruto beserta Kakashi, yang menjadi pusat perhatian para fans. Meskipun kemampuan dan kekuatan para guru mereka sangat dahsyat, namun terkadang para murid juga berhasil melampaui kekuatan itu. Berikut adalah para murid yang berhasil melampaui gurunya.

Gaara

Gaara sering kali diperlihatkan sebagai salah satu karakter terkuat dalam seri Naruto. Kemampuannya terhadap pengendalian pasir benar-benar sangat luar biasa. Dia bahkan mampu untuk memberikan perintah yang beragam kepada pasirnya, seperti menghancurkan siapa pun yang berani mengejek dirinya dan juga mimpinya. Dengan kekuatan itu, Gaara benar-benar menjadi sosok yang tidak terhentikan.

Kekuatan dahsyat dari Gaara sendiri sudah bisa kita lihat sejak dia masih kecil, terutama saat dia terlibat dalam Ujian Chunin. Berkat kekuatan ini pun Gaara berhasil melampaui gurunya, Baki. Meskipun di sepanjang seri Naruto kita tidak melihat kekuatan penuh Baki, namun tentunya dia cukup kuat untuk kemudian melatih tim Gaara. Dan sekarang Gaara berhasil menjadi Kazekage terkuat dalam sejarah desa Suna.

Nara Shikamaru

Shikamaru adalah penasihat langsung bagi Uzumaki Naruto, dan dia sebelumnya pernah menjabat menjadi penasihat Hokage keenam, yaitu Kakashi. Dengan kecerdasan yang tinggi, tidak banyak orang yang selalu memperhitungkan semuanya dan juga memiliki karakter setenang Shikamaru. Menurut Kakashi, Shikamaru bahkan bisa saja menjadi Hokage di kemudian hari tapi dia tidak memiliki kekuatan seperti Naruto atau Sasuke.

Seperti halnya Gaara, kecerdasan dari Shikamaru memang sudah terlihat sejak dia masih menjadi Genin tim Asuma. Bahkan, Shikamaru adalah shinobi paling cerdas di generasinya. Asuma sendiri mengakui kecerdasan Shikamaru. Dia pun akhirnya berhasil melampaui kekuatan dari Asuma pasca kematiannya di tangan Hidan. Terbukti bagaimana Shikamaru bisa berada di posisinya saat ini.

Uzumaki Nagato

Nagato merupakan salah satu karakter dari negara hujan yang bergabung dengan Akatsuki, selain sosok Konan dan Pain. Dia berhasil membangkitkan mata Rinnegannya sejak masih kecil. Nagato terus mengembangkan kemampuannya tersebut sampai kemudian dia memberikan mata Rinnegannya kepada Six Paths of Pain. Nagato sendiri sebenarnya murid dari Jiraiya.

Sayangnya, setelah Nagato memilih jalannya sendiri, dia pun kemudian berubah menjadi jahat. Nagato benar-benar melupakan apa yang sudah Jiraiya ajarkan, meskipun di sisi lain Jiraiya sendiri mengakui kesalahannya. Terlepas dari hal tersebut, Nagato benar-benar sudah melampaui kekuatan dari sang guru apalagi setelah dia memiliki Doujutsu Rinnegan. Jika dia mau, mungkin bisa saja Nagato menghabisi gurunya sendiri.

KE HALAMAN 2

1
2