Menggunakan Teknik Api

Sasuke membangkitkan Mangekyo Sharingan di kedua matanya dalam seri Naruto. Meskipun mata kirinya tidak bisa lagi menggunakan kekuatan tersebut, tetapi mata Sharingan miliknya masih bisa melakukannya. Mata kanan Sasuke yang merupakan Sharingan memberikannya kemampuan untuk bisa memunculkan api hitam (Amaterasu).

Namun, meskipun sering lebih sering menggunakan mata kirinya untuk menggunakan teknik tersebut, beberapa kali Sasuke juga nampak menggunakan mata kanannya dalam pengendalian api. Di sisi lain, sedari kecil Sasuke merupakan shinobi yang mengandalkan teknik api. Hal ini bisa kita lihat dari teknik Katon miliknya yang sangat dahsyat.

Menggunakan Teknik Pelepasan Es

Setelah perang besar ninja keempat selesai, Uchiha Sasuke masih terus melatih kemampuannya. Dia kemudian mengembangkan sebuah jutsu yang mirip dengan teknik pelepasan es. Sasuke mengkombinasikan penggunaan level tinggi dari teknik Pelepasan Air dan Angin. Meskipun teknik ini bisa dibilang mirip dengan Kekkei Genkai pelepasan es, namun seperti yang diakui Sasuke, teknik yang dia kembangan masih jauh dari kata sempurna dari teknik pelepasan es yang asli.

Menggunakan Susanoo

Susanoo merupakan sebuah teknik spesial yang menjadi ciri khas klan Uchiha, yang mana kemampuan ini hanya bisa muncul atau bangkit ketika penggunanya sudah berhasil membangkitkan Mangekyo Sharingan di kedua matanya. Ketika kekuatan ini digunakan, penggunanya akan mampu menciptakan sebuah humanoid raksasa yang terbuat dari chakra mereka dan mereka akan bergerak sesuai keinginan kita.

Meskipun Sasuke harus kehilangan mata kirinya, dia seharusnya masih bisa menggunakan teknik ini. Shisui sendiri pernah melakukannya dengan satu mata, bahkan Madara bisa membangkitkannya tanpa bantuan Mangekyo Sharingan. Artinya, jika memang terpaksa atau dalam keadaan darurat, Sasuke masih mampu untuk menggunakan Susanoo.

Baik Naruto atau pun Sasuke sama-sama harus kehilangan kekuatan besar mereka. Jika Naruto harus kehilangan sumber chakranya, yaitu Kurama, maka Sasuke harus kehilangan  mata miliknya, Rinnegan. Meskipun begitu, berbagai kemampuan masih Sasuke miliki dalam dirinya. Dengan ancaman Code serta Eida dan Daemon, Sasuke bisa memanfaatkan berbagai kemampuan epik lainnya yang dia miliki.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.