Terkenal sebagai seorang klan Uchiha yang legendaris, Uchiha Sasuke merupakan sosok ninja yang sangat kuat yang selalu mendukung Hokage ketujuh, Uzumaki Naruto, untuk melindungi desa Konoha. Sejak seri Naruto, dia sudah menjadi salah satu protagonis utama lainnya selain Uzumaki Naruto. Bahkan, kepopuleran Sasuke pun tidak kalah dahsyat dari Naruto.

Seperti halnya sosok Naruto, Sasuke juga mengalami perkembangan karakter dan juga kekuatan di sepanjang serinya. Puncak dari peningkatan kekuatan Sasuke adalah ketika dia mendapat chakra Six Path dari Hagoromo Otsutsuki dan membangkitkan Doujutsu terkuat, yaitu Rinnegan. Sayangnya, pasca pertarungan melawan Isshiki, Sasuke harus kehilangan Doujutsu ini akibat ulah Momoshiki. Namun, sebagai salah satu shinobi terkuat dan terhebat di dunia, Sasuke masih memiliki banyak kemampuan dalam dirinya. Apa saja?

Menggunakan Berbagai Genjutsu

Sasuke merupakan pengguna Genjutsu yang sangat kuat. Meskipun Genjutsu terkuatnya dilakukan ketika dia mengakses Rinnegan, bukan berarti Sasuke tidak bisa mengakses Genjutsu kuat lainnya. Sasuke sendiri sudah memiliki banyak pengalaman bertarung. Pengendalian kekuatan dalam dirinya tidak perlu diragukan lagi.

Mampu menaklukan monster berekor menjadi bukti bagaimana Genjutsu Sasuke sangat luar biasa. Dalam seri Boruto, Genjutsu merupakan teknik ninja yang sangat jarang muncul. Mungkin, kedepannya Genjutsu bisa kembali muncul dalam cerita Boruto dan menjadi salah satu cara untuk bisa mengalahkan musuh.

Menirukan Berbagai Jutsu

Selain mampu menggunakan Genjutsu, Sasuke juga merupakan sosok shinobi yang mampu menirukan berbagai Jutsu. Seperti yang kita ketahui, dia merupakan pengguna dari Doujutsu Sharingan. Meskipun dia harus kehilangan mata sebelah kirinya, mata bagian kanannya masih memiliki kemampuan Doujutsu tersebut. Dan seperti yang kita ketahui, salah satu kekuatan Sharingan adalah mampu menirukan berbagai jenis jutsu.

Hal ini bisa kita lihat dari sosok Hatake Kakashi, yang terkenal sebagai ninja peniru. Kemampuan ini tentunya bisa Sasuke gunakan untuk mengimbangi kekuatan musuh. Namun, yang luar biasa tentunya adalah Sharingan Sasuke ini sudah berevolusi menjadi Mangekyou Sharingan. Selain menirukan berbagai Jutsu, tentunya ada banyak hal lainnya juga yang menjadi kekuatan dahsyat dari Doujutsu Sharingan.

Melacak Pergerakan Musuh

Selain mampu menirukan jutsu milik orang lain, Sharingan juga mampu membaca pergerakan musuh, bahkan ketika orang lain tidak mampu melakukannya. Dalam pertarungan melawan Jigen, Sasuke mampu untuk tetap melacak pergerakan dan keberadaan Jigen bahkan ketika Naruto merasa kesulitan menghadapinya. Meskipun kehilangan Rinnegan pasti akan mengurangi kekuatannya secara drastis, namun Sasuke tentu masih bisa melakukannya dalam level tertentu.

Melihat Chakra Musuh

Sharingan merupakan salah satu doujutsu kuat selain Byakugan, dan memiliki kemampuan yang hampir mirip. Salah satunya adalah melihat aliran dan titik chakra di tubuh musuh. Memang, jika membandingkannya dengan Byakugan level Sharingan tidaklah sedetail Byakugan. Namun, setidaknya kekuatan Sharingan masih cukup untuk melihat apakah chakra penggunanya terganggu atau jika seseorang sedang berada dalam pengaruh Genjutsu. Mengingat misi yang mereka hadapi sangat berbahaya, teknik ini tentu akan berguna.

KE HALAMAN 2

1
2