Doctor Strange 2, atau Doctor Strange in the Multiverse of Madness, adalah salah satu tayangan MCU yang mengangkat tema Multiverse. Film karya Sam Raimi ini bercerita tentang petualangan Stephen Strange (Benedict Cumberbatch) di berbagai universe alternatif. Hal itu bisa terjadi karena dia berusaha melindungi karakter, America Chavez (Xochitl Gomez), yang mempunyai kekuatan untuk membuka portal multiverse.

Dari sekian banyak universe alternatif yang Doctor Strange kunjungi, Earth-838 adalah salah satunya yang menarik. Karena di universe ini ada banyak sekali hal yang berbeda dari Prime Earth-616. Dan yang paling mencolok adalah keberadaan Illuminati yang mirip seperti Avengers di semesta utama. Kelompok ini terdiri dari Professor X, Mister Fantastic, Black Bolt, Captain Carter, Baron Mordo, dan juga Captain Marvel Monica Rambeau. Meskipun anggotanya sedikit, tetapi mereka mempunyai pasukan Ultron Sentry sendiri.

Pengaruh Besar Tony Stark di Doctor Strange 2

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan Empire, produser Multiverse of Madness, Richie Palmer berbicara tentang beberapa fakta menarik yang terjadi di Earth-838. Dia mengatakan bahwa sebenarnya varian Wanda Maximoff di Earth-838 adalah seorang pensiunan superhero yang lebih memilih untuk mengurus anak-anaknya. Dan alasan dia bisa melakukan hal tersebut adalah karena Tony Stark di semestanya telah berhasil menciptakan Ultron seperti yang dia inginkan.

“Ini adalah dunia di mana Ultron bekerja sesuai dengan yang Tony Stark harapkan di [film] Age of Ultron. [Dengan] armor yang tersebar di seluruh penjuru Bumi, Tony mencoba membuat Avengers pensiun di Age of Ultron. Dia mengatakan siapa pun yang ingin pensiun bisa pulang ke rumah sekarang juga,” ungkap Palmer. “Pada saat yang bersamaan Illuminati muncul dan mengambil peran untuk membuat dunia lebih baik lagi. Wanda juga akhirnya bisa mendapatkan hidup yang layak.”

Dengan keberhasilan Tony menciptakan Ultron Sentry di Earth-838, tidak aneh jika pada akhirnya dunia tersebut terlihat lebih maju dari Prime Earth. Dan berdasarkan skenario tentang banyak superhero yang diizinkan pensiun, artinya para anggota Illuminati adalah sebagian kecil yang masih bertahan. Singkatnya, dari Earth-838 kita jadi tahu bagaimana jadinya ending Age of Ultron jika Tony berhasil mencapai tujuan awalnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.