Broly

Dalam franchise Dragon Ball, para fans mengenal sosok legendaris yang luar biasa kuat bernama Broly. Dia terkenal sebagai Super Saiyan Legendaris karena kedahsyatan dari kekuatannya, yang membuat dia menjadi sosok paling kuat di seluruh ras Saiyan. Bahkan, Goku dan Vegeta sendiri pun hampir saja tidak berhasil untuk mengalahkan Broly. Asal-usulnya sendiri masih menjadi misteri, namun dia diketahui terdampar di planet Vampa.

Di planet tersebut, Broly kemudian dirawat dan dilatih oleh Frieza Force. Meskipun awalnya Broly merupakan karakter non-canon, semenjak kemunculannya di film Dragon Ball Super: Broly, kini Broly sudah menjadi bagian dari canon Dragon Ball. Sayangnya, asal-usul atau informasi mengenai Broly sendiri sampai saat ini masih menjadi misteri.

Berapa Ras Saiyan Tersisa?

Berbicara mengenai ras Saiyan dan berapa jumlah mereka yang tersisa sebenarnya cukup kompleks. Pasalnya, setelah berjalan selama lebih dari empat dekade, ada banyak sekali perubahan yang Toriyama Sensei hadirkan terhadap franchise ini. Salah satunya adalah bagaimana di seri Dragon Ball Super kita mengenal ada banyak universe atau alam raya, yang mana artinya masing-masing universe memiliki ceritanya sendiri.

Seri Dragon Ball Super dan juga sosok Goku dan Vegeta yang kita kenal merupakan Saiyan yang berasal dari Universe 7, yang menjadi universe utama di serinya. Berdasarkan hal ini, pertanyaan tentang jumlah Saiyan yang tersisa bisa terjawab tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Maksudnya, jika kita hanya menganggap Universe 7 saja, maka Saiyan yang tersisa dan masih hidup kurang lebih hanya 3 orang saja.

Namun, kita tidak bisa memastikan angka tersebut karena angka tersebut muncul berdasarkan dari apa yang sudah muncul sampai sejauh ini. Kita bisa belajar dari sosok Monaito, di mana dia dan ras Namekian lainnya ternyata ada di planet Cereal, di mana tidak ada yang menduga sebelumnya. Artinya, bukan tidak mungkin jika ada Saiyan lainnya yang masih hidup tinggal di planet lain di Universe 7.

Bagaimana dengan Universe lainnya? Jika kemudian kita juga menghitung semua Saiyan, termasuk yang berada di Universe lainnya, mungkin jumlahnya bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Dalam Tournament of Power, kita melihat sosok Saiyan lainnya seperti Kaulifla yang berasal dari Universe 6. Jadi, jawaban dari pertanyaan tersebut tidak mutlak tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya.

Selain dari Universe lain, yang juga bisa kita pertimbangkan adalah beberapa karakter yang di mana separuh DNA dalam diri mereka adalah Saiyan. Beberapa ras Saiyan menikah dengan ras lainnya, seperti manusia, dan kemudian mereka memiliki keturunan. Artinya, dalam tubuh anak tersebut terdapat separuh DNA Saiyan. Beberapa dari mereka adalah Pan, Bura, Trunks, Gohan, dan juga Goten.

Jadi, kesimpulannya adalah ras Saiyan mungkin memang hampir punah. Namun, hal itu hanya terjadi di satu universe saja. Jika kemudian kita menilik ke universe lain, maka jumlah Saiyan yang masih hidup kemungkinan bisa mencapai ratusan. Belum lagi mereka yang “bersembunyi” di planet lainnya, serta para ras Saiyan tidak murni yang ada dalam cerita.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.