Franchise Dragon Ball sudah berada di industri anime dan manga hampir empat dekade. Seri yang merupakan karya dari Akira Toriyama ini memperkenalkan kita dengan sosok Goku yang menjadi protagonis utama ceritanya. Dia berasal dari luar bumi. Dia bagian dari sebuah ras yang disebut sebagai Saiyan. Goku sendiri menjadi ras Saiyan terakhir dari planetnya.

Dalam ceritanya sendiri kita mendapatkan gambaran bahwa ras Saiyan memang terkenal sebagai ras petarung yang sangat hebat. Dengan kegemaran mereka untuk bertarung, saling beradu kekuatan, dan menghancurkan planet lainnya. Meskipun begitu, nasib dari ras Saiyan sendiri harus berakhir dengan tragis. Villain paling kejam di franchisenya, Frieza, menghancurkan berbagai planet yang ada termasuk planet yang menjadi rumah bagi bangsanya.

Beberapa momen menarik kemudian muncul, seperti bagaimana Goku bertemu dengan Vegeta. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Goku yang dianggap sebagai Saiyan terakhir dari planetnya justru harus terkejut ketika bertemu dengan Saiyan lain. Di sisi lain, hal ini pun memunculkan pertanyaan besar. Berapa banyak Saiyan yang tersisa dan masih hidup saat ini?

Goku

Goku adalah salah satu karakter yang terkenal dengan kekuatannya yang luar biasa sejak awal serial Dragon Ball dimulai. Dia sendiri berasal dari planet Sadala. Dia merupakan anak dari pasangan Gine dan Bardock. Nama asli Goku sendiri sebenarnya adalah Kakarot, di mana kakek Gohan yang kemudian memberikan nama “Goku” saat dia pertama kali menemukannya terlantar di bumi.

Saat planet Sadala hancur, Bardock dan Gine berhasil mengirimkan Goku ke bumi. Itulah alasan mengapa kemudian Goku berhasil selamat dan masih hidup sampai sekarang. Setelah berlatih dengan banyak orang, akhirnya Goku pun berevolusi menjadi sosok petarung hebat. Bahkan, saat ini, dia menjadi salah satu petarung terhebat di seluruh alam raya berkat kemampuan Ultra Instinct.

Vegeta

Berbeda dengan Goku, Vegeta berasal dari planet Vegeta di mana keluarganya menjadi pemimpin di planet tersebut. Sama halnya seperti planet Sadala, nasib dari planet Vegeta juga tidak luput dari penghancurkan Frieza. Semua yang ada di planet tersebut tewas, termasuk ayahnya, King Vegeta. Sedangkan, Vegeta sendiri berhasil pergi dari planet tersebut sebelum benar-benar hancur.

Yang juga membedakan Vegeta dengan Goku adalah pada awalnya dia benar-benar menjalani hidupnya sebagai seorang Saiyan. Dia datang ke berbagai planet untuk menantang mereka yang terkuat, sampai kemudian dia datang ke bumi dan bertemu dengan Goku. Sejak saat itulah jalan hidup Vegeta mulai berubah, di mana dia sekarang menjadi rival dari Goku dan juga penjaga bumi.

KE HALAMAN 2

1
2