Dengan komunitas yang sangat besar, seri One Piece banyak menghadirkan hal-hal menarik dan luar biasa yang para fans ciptakan. Contohnya adalah berbagai teori dan juga spekulasi menarik yang memprediksi alur cerita yang akan datang. Selain itu, para fans juga sering kali membagi berbagai cerita yang muncul dalam sebuah istilah yang kita kenal sebagai ‘arc’ atau pun ‘saga.’

Pada dasarnya, arc merupakan sebuah alur cerita yang sedang berjalan. Satu arc biasanya terdiri beberapa chapter, meskipun tidak menutup kemungkinan juga terdiri dari puluhan chapter. Sedangkan, saga sendiri merupakan sebuah cerita besar yang terdiri dari beberapa arc. Misalnya, cerita tentang Big Mom dan Kaido saat ini merupakan bagian dari Yonko Saga.

Istilah arc dan saga sendiri sebenarnya adalah karangan dari fans, karena serinya tidak  mengenalkan nama resminya. Meskipun begitu, menjelang perayaan 25 tahun seri One Piece pada 22 Juli mendatang, One Piece memiliki website atau situs terbaru. Situs tersebut berisi berbagai informasi yang terkait dengan berbagai peristiwa atau hal lainnya.

Namun, yang menjadi poin pentingnya adalah website tersebut juga kini merilis informasi di mana seluruh cerita One Piece terbagi menjadi 12 Saga. Mulai dari East Blue Saga, di mana Luffy mengumpulkan seluruh kru Topi Jerami, sampai yang paling baru adalah Wano Country Saga. Sejauh ini, Wano Country Saga adalah alur cerita terpanjang di serinya. Di sisi lain, ini menjadi “klarifikasi” dari pihak resminya.

Selama ini, para fans menyimpulkan bahwa arc Whole Cake Island, Zou, dan Wano tergabung dalam satu saga yaitu Yonko Saga. Namun, dengan dirilisnya informasi resmi mengenai saga One Piece, artinya kini sudah tidak ada lagi kebingungan diantara para fans mengenai alur cerita di seri One Piece.

Saga Terakhir

Lalu, bagaimana dengan saga terakhir? Eiichiro Oda saat ini sedang berlibur untuk mempersiapkan alur cerita terakhir di serinya. Dan menurut informasinya sendiri saga terakhir ini sudah akan mulai sejak chapter 1054 mendatang. Dengan informasi dari website resminya tersebut muncul pertanyaan besar. Apakah artinya saga terakhir ini juga merupakan bagian dari Wano Country Saga?

Seperti yang kita ketahui, alur cerita Wano sepertinya masih belum akan selesai dalam waktu dekat. Kaido dan Big Mom serta Orochi memang sudah berhasil Luffy dan aliansinya kalahkan. Wano saat ini sedang berpesta pora merayakan kemenangan dan kebebasan mereka. Namun, dalam chapter 1053 sendiri kita melihat bahwa ada ancaman lain muncul ke Wano yaitu adanya sosok admiral Green Bull.

Berdasarkan dari apa yang muncul di situs resminya, di mana Wano Country Saga msih berjalan sampai sekarang, mungkin Wano Country Saga adalah satu saga terakhir sebelum kemudian kita benar-benar memasuki alur cerita finalnya. Karena itulah, alur cerita Wano ini masih belum selesai. Selain itu, mungkin ini juga alasan mengapa Oda mengatakan bahwa Wano merupakan alur cerita paling besar dan paling penting di serinya.

Untuk saat ini, memang semuanya masih samar karena Oda masih menikmati masa liburannya. Meskipun begitu, Oda pasti sudah mempersiapkan dengan baik semuanya. Terlepas dari apakah saga terkahir ini akan menjadi bagian dari Wano Country Saga atau tidak, yang pasti para fans sudah tidak sabar untuk segera mengikuti ceritanya. Mereka tidak sabar untuk melihat akhir perjalanan Luffy dan kru Topi Jerami setelah lebih dari 20 tahun berjalan.