Zeus dan Thor di MCU

Kemunculan sosok Thor di jagat sinematik Marvel berhasil merebut hati banyak penggemar film. Aktor Chris Hemsworth benar-benar berhasil menghidupkan dewa dari mitologi Nordik tersebut. Thor sendiri pertama kali muncul di film Thor karya Kenneth Branagh. Dalam ceritanya, kita mengetahui bahwa Thor merupakan anak dari Odin, penguasa wilayah Asgard dan merupakan sosok All-Father.

Di sepanjang kemunculannya di MCU, Thor sudah memperlihatkan banyak kekuatan dahsyat. Contohnya adalah melakukan teleportasi antar dimensi. Dia juga bisa terbang berkat Mjolnir miliknya. Manipulasi elemen termasuk salah satu keunggulan Thor, selain juga kekuatan fisiknya yang sangat dahsyat. Misalnya kita melihat bagaimana Thor mampu bertahan melawan Hulk.

Sementara itu, dalam film Love and Thunder, Zeus melakukan debut live actionnya di MCU. Di sana, Zeus nampak tidak seperti dewa pada umumnya. Kita mendapatkan deskripsi karakter Zeus sebagai sosok yang senang berpesta, tidak memperdulikan kaumnya, dan cenderung penakut, terlepas dari kekuatan halilintar yang sangat luar biasa. Hal tersebut terjadi ketika Zeus menjelaskan bahwa dia tahu tentang Gorr dan Necrosword.

Siapa Dewa Petir Sesungguhnya di MCU?

Setelah mengetahui siapa Zeus dan Thor dari mitologi maupun versi Marvelnya. Sekarang yang menjadi pertanyaan, siapa di antara dua dewa kuat ini yang merupakan Dewa Petir sesungguhnya. Pertanyaan ini sebenarnya telah ditanyakan oleh banyak orang sejak lama, dan sulit untuk kita simpulkan begitu saja. Walaupun begitu, dengan kemunculan Zeus dan Thor di film Love and Thunder, setidaknya kita bisa menyimpulkannya dari sudut pandang MCU. Apalagi di filmnya mereka sempat bertarung dan saling unjuk kekuatan.

Ketika Thor pergi ke Omnipotence City dan melihat sosok Zeus, dia mengungkapkan bahwa Zeus adalah pahlawannya saat masih kecil. Namun, semuanya mulai berubah saat mereka berdua bertarung, karena Zeus tidak mau menolong Thor untuk mengalahkan Gorr. Sebelum melakukan pertarungan fisik, kedua dewa ini saling berargumen tentang siapa Dewa Petir yang sesungguhnya. Zeus mengatakan bahwa dia adalah God of Lightning (Dewa Petir). Sedangkan menurutnya, Thor hanyalah God of Thunder (Dewa Gemuruh Kilat) yang muncul ‘sebelum Petir’.

Walaupun begitu, pembuktian yang sebenarnya baru terungkap saat mereka berdua bertarung. Semuanya bermula dari tindakan Zeus yang melemparkan Thunderbolt-nya untuk menghancurkan Korg. Pada titik inilah Thor mengambil Thunderbolt dan melemparkannya kepada Zeus sampai menembus dadanya. Zeus pun jatuh dari singgasananya. Pada titik ini sudah cukup jelas bahwa Marvel ingin menegaskan bahwa Dewa Petir yang sesungguhnya adalah sang God of Thunder. Bahkan di ending, Thor terbukti bisa menggunakan Thunderbolt dan Stormbreaker sekaligus.

Mungkin ada yang berpikir bahwa penilaian ini terkesan kurang objektif. Namun, berdasarkan plot di film Love and Thunder sudah cukup jelas bahwa Zeus memang tidak layak menjadi Dewa Petir, bahkan menyandang status ‘dewa’ sekalipun. Karena dia telah rela meninggalkan kaumnya dan lebih memilih untuk bersembunyi di Omnipotence City. Sebagai seorang dewa yang sangat diagungkan, seharusnya Zeus melindungi para dewa lain bersama Thor. Alih-alih melakukan hal tersebut, dia malah menertawakan Thor sekaligus mengerdilkan statusnya sebagai God of Lightning. Bagaimana menurut kalian?

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.