Dengan tayangnya film Love and Thunder, kita akhirnya bisa menyaksikan keseruan petualangan baru Thor di MCU. Dengan durasi film yang tidak lebih dari dua jam, ada banyak sekali hal menarik dari film karya Taika Waititi ini. Salah satunya adalah ketika Thor (Chris Hemsworth) dan kawan-kawan berkunjung ke Omnipotence City. Di mana dia berniat meminta bantuan dewa lain untuk menghentikan Gorr (Christian Bale) yang ingin memusnahkan para dewa.

Ketika Thor mengutarakan niatnya kepada Zeus (Russell Crowe), para dewa malah menertawakan dan menyerahkan semua urusan Asgard kepadanya. Hal ini pada akhirnya memaksanya, Mighty Thor, Valkyrie, dan Korg, untuk mengambil paksa senjata andalan Zeus, yaitu Thunderbolt. Dengan senjata inilah pada akhirnya Thor berhasil mengalahkan Gorr di kuil Eternity. Menariknya, sampai filmnya selesai, tidak ada satu pun adegan di mana Thor mengembalikan Thunderbolt ke Omnipotence City. Apakah ini artinya senjata Zeus tersebut telah menjadi sumber kekuatan baru bagina di MCU?

Kekuatan Thunderbolt di Tangan Thor

Setelah berhasil mengambilnya dari Zeus, orang pertama yang menggunakan Thunderbolt adalah Valkyrie. Di mana dia memakainya saat bertarung dengan Gorr di Shadow Realm. Sayangnya, Gorr berhasil menusuknya dan memaksa Thor bersama yang lain untuk mundur ke Asgard. Mengetahui bahwa Valkyrie sudah tidak mampu lagi bertarung, akhirnya Thor memutuskan untuk membawa sendiri Thunderbolt pada pertarungan final melawan Gorr. Setibanya di kuil Eternity untuk menghentikan Gorr, diapun menggunakan Thunderbolt sebagai salah satu senjata pamungkasnya selain Stormbreaker.

Pada adegan ini kita bisa melihat Thor menggunakan Thunderbolt sebagai katalis untuk menyalurkan kekuatan petir emas Zeus kepada anak-anak yang sebelumnya Gorr culik dari Asgard. Sejurus kemudian para anak-anak ini tiba-tiba menjadi sangat kuat dengan mata menyala dan energi petir emas di sekujur tubuhnya. Kekuatan ini sama sekali belum pernah terlihat saat Zeus menggunakan Thunderbolt. Berdasarkan hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa Thunderbolt mengeluarkan potensi lain di tangan Thor. Hal ini bisa terjadi karena ternyata asal-usul Thunderbolt yang tidak jauh berbeda dengan Mjolnir.

Thunderbolt Ditempa dari Logam Dewa

Baik di MCU maupun di Marvel Comics, Thunderbolt alias Lightning Bolt alias Master Bolt adalah senjata andalan Zeus sang God of Sky dari Olympus. Menurut mitologi Yunani dan Romawi kuno, Thunderbolt merupakan simbol kekuatan Zeus sebagai God of Thunder, yang konon paling kuat di seluruh kosmos. Senjata berbentuk petir emas ini adalah salah satu dari tiga senjata legendaris ciptaan God of Fire Hephaestus. Senjata lainnya adalah Trident milik God of Sea Poseidon dan Helm of Darkness milik God of Underworld Hades. Tiga senjata inilah yang berhasil membantai semua Titan di Bumi.

Hephaestus menciptakan ketiga senjata ini dari logam berkekuatan mistis yang hanya ada di Olympus, yaitu Adamantine alias Logam Para Dewa. Logam ini mempunyai beberapa fitur dasar seperti menangkal energi sihir dan bisa menyelaraskan diri dengan kekuatan para dewa. Menariknya, sejak awal Adamantine juga bisa menyerap energi besar tanpa membuat penggunanya cedera. Berdasarkan berbagai fitur inilah mengapa Thor bisa menggunakan Thunderbolt dengan mudah. Karena pada dasarnya Adamantine mirip seperti logam Uru dari Asgard.

KE HALAMAN 2

1
2