Beta Ray Bill

Sampai saat ini Beta Ray Bill adalah salah satu versi Thor terfavorit di kalangan penggemar Marvel Comics. Hal itu bukan tanpa sebab, karena selain mampu menggunakan Stormbringer, ternyata proses untuk mendapatkan kekuatannya juga cukup epik. Kisahnya ini bermula saat Odin menyuruh Bill dan Thor untuk bertarung sampai mati, di mana dia akhirnya memenangkan pertarungan dan memilih untuk mengampuni Thor yang kalah. Sekarang, dia bahkan mempunyai senjatanya sendiri yang dia ambil dari Surtur, yaitu Twilight Sword. Sekaligus membuktikan bahwa dia juga bisa kuat dengan caranya sendiri.

Thunderstrike

Awalnya Eric Masterson alias Thunderstrike hanyalah seorang manusia fana yang hampir mati terbunuh oleh supervillain Mongoose. Untuk menyelamatkannya, Odin kemudian menyatukan jiwanya dengan Thor Odinson. Pada titik inilah dia menjadi salah satu versi God of Thunder yang perlahan-lahan menggantikan posisi Thor. Pada saat Enchantress memanipulasi dia untuk menyerang Sif, Thor akhirnya memutuskan untuk mengambil kembali kekuatannya. Walaupun begitu, karena kesungguhannya sebagai superhero, Odin kemudian memberinya sebuah gada yang dimaksudkan untuk mengganti fungsi Mjolnir.

Iron Hammer

Di kisah Infinity Wars, Gamora pernah diceritakan menggunakan Infinity Gems untuk menyatukan semua kehidupan dua karakter Marvel menjadi satu individu. Pada kisah inilah Thor Odinson dan Tony Stark bersatu menjadi Stark Odinson alias Iron Hammer yang eksis di Warp World. Iron Hammer pada dasarnya adalah dewa yang mempunyai kecerdasan super. Sehingga dia menemukan caranya sendiri untuk menciptakan armor Asgardian canggih dan palu andalannya, yaitu Mjolniron. Dengan perlengkapan canggihnya inilah dia berhasil menjadi superhero Midgard sekaligus mencoba mengklaim takhtanya di Asgard.

Ragnarok

Sejauh ini di Marvel Universe telah terjadi peristiwa Civil War sebanyak dua kali. Dan selama itu juga Thor Odinson tidak pernah ikut terlibat dalam pertempuran superhero tersebut. Walaupun begitu, di Civil War II, Mr. Fantastic and Iron Man dan Iron Man pernah menciptakan kloning Thor yang mereka beri nama Ragnarok. Meskipun buatan manusia, tetapi Ragnarok cukup kuat sampai superhero lain awalnya mengira dia adalah sang God of Thunder yang asli. Dengan tiruan Mjolnir di tanganya, Ragnarok bahkan sampai berhasil membunuh superhero Goliath yang terkenal sangat kuat juga.

Ultimate Thor

Selain Prime Earth-616, sebenarnya Ultimate Universe juga sangat terkenal di kalangan penggemar setia Marvel. Salah satu alasannya karena di universe alternatif ini para superheronya mempunyai kisah yang berbeda, tetapi tidak kalah hebat dari versi utamanya, salah satunya adalah Ultimate Thor. Dengan kehebatannya, karakter yang mempunyai nama asli Thorlief ini mampu membuktikan bahwa dia layak untuk menjadi God of Thunder. Selain mempunyai rompi yang membuatnya bisa memaksimalkan kekuatan petir, dia juga mempunyai Mjolnirnya sendiri yang mirip seperti Stormbreaker.

Itulah sepuluh varian Thor yang terkenal lebih superior dari Thor lain di Marvel Universe. Secara nama, memang hanya Thor Odinson saja satu-satunya Thor di Marvel Universe. Namun, secara kekuatan, sebenarnya ada lebih banyak lagi karakter seperti di daftar ini yang terbukti ‘layak’ menjadi Thor dan bahkan God of Thunder di kisahnya masing-masing. Dan semua karakter di daftar inilah yang pada akhirnya mengukuhkan posisi Thor sebagai nama sekaligus gelar paling kuat di semesta Marvel, dan di kalangan penggemar secara keseluruhan.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.