Avatar adalah salah satu film Hollywood terlaris sepanjang masa, dengan prestasi yang juga cukup banyak. Misalnya, dengan anggaran yang menghabiskan sekitar 240 juta dolar, filmnya telah berhasil meraup pendapatan sebesar 1,8 miliar dolar. Selain itu, Oscar juga telah memberikan banyak penghargaan untuk filmnya, termasuk Best Cinematography dan Best Visual Effects. Dengan semua pencapaian ini, cukup masuk akal jika waralabanya berencana untuk merilis empat sekuel Avatar pada masa yang akan datang.

Sekuel perdana Avatar sendiri rencananya akan segera tayang di bioskop pada akhir tahun ini. Berjudul resmi Avatar: The Way of Water, film yang garapan James Cameron ini akan kembali berfokus pada karakter Jake Sully (Sam Worthington). Berlangsung sekitar sepuluh tahun sejak peristiwa film pertama, kali ini Jake sudah berkeluarga dengan Neytiri (Zoe Saldana). Dan dia sudah mempunyai tiga orang anak kandung dan dua anak angkat. Kali ini Jake dan Neytiri memutuskan untuk tinggal bersama suku Na’vi pesisir, Metkayina.

Avatar 2 Akan Berdurasi Tiga Jam?

Baru-baru ini, dalam kutipan wawancaranya dengan Empire Magazine (via The Direct), sutradara James Cameron mengindikasikan bahwa Avatar: The Way of Water adalah sebuah film yang layak untuk berdurasi tiga jam. Dia menegaskan bahwa seharusnya pada masa sekarang para sineas tidak perlu mengkhawatirkan lagi durasi film yang panjang. Dengan catatan, selama film mereka mempunyai kesempatan untuk berhasil secara finansial.

“Saya tidak ingin orang lain mengeluh [terhadap film], sementara mereka mampu duduk dan melihat tayangan serial yang berdurasi sekitar delapan jam,” ungkap Cameron. “Saya melihat anak-anak saya duduk dan menonton lima episode berdurasi satu jam sekaligus. Jadi ini adalah paradigma sosial besar yang harus terjadi, [bahwa] tidak apa-apa untuk menaikan standar. Siapa yang berani berargumen dengan seorang sineas jika film epik tiga jamnya memecahkan rekor box office?”

Pernyataan terbaru Cameron ini secara tidak langsung telah mengindikasikan bahwa sekuel Avatar kemungkinan akan lebih panjang dari film Marvel Avengers: Endgame yang berdurasi 3 jam 1 menit. Jika kabar ini benar, sepertinya para penontonnya nanti harus benar-benar menyiapkan waktu agar tidak kehilangan momen saat menonton filmnya. Sekuel dari tayangan sci-fi epik ini rencananya akan tayang di bioskop pada tanggal 16 Desember nanti.