Terkenal sebagai seorang klan Uchiha yang legendaris, Uchiha Sasuke merupakan sosok ninja yang sangat kuat yang selalu mendukung Hokage ketujuh, Uzumaki Naruto, untuk melindungi desa Konoha. Misi Sasuke untuk balas dendam sempat membawanya pada jalan kegelapan, dan membuatnya menjadi jahat. Selain itu, Sasuke juga mendapatkan tambahan kekuatan yang sekarang dia gunakan untuk kebaikan yaitu Rinnegan.

Sasuke kemudian diketahui menjadi satu-satunya shinobi di dunia tersebut yang mampu mengimbangi Naruto dalam pertarungan. Sayangnya, kedua karakter tersebut harus kehilangan kekuatan terbesar mereka setelah bertarung melawan Isshiki Otsutsuki. Sasuke sendiri harus kehilangan Rinnegan miliknya. Tanpa Rinnegan, artinya dia tidak bisa menggunakan beberapa kekuatan terbesarnya. Apa saja?

Kekuatan Six Path

Seperti halnya Naruto, Sasuke juga mendapatkan chakra Six Path dari Hagoromo Otsutsuki saat bertarung menghadapi Kaguya. Chakra Six Path ini juga yang kemudian menjadi alasan bagaimana Rinnegan dalam diri Sasuke berhasil bangkit. Dengan adanya chakra Six Path tersebut membuat Sasuke mampu untuk mengakses berbagai kekuatan dahsyat yang terkenal dengan sebutan Jutsu Six Path.

Contohnya adalah Jutsu segel seperti Chibaku Tensei. Memang, dalam ceritanya, Sasuke jarang menggunakan seluruh Jutsu Six Path tersebut. Meskipun begitu, tekniknya sendiri sangat berguna dalam berbagai keadaan genting. Misalnya, dengan kemunculan Code dan juga Eida dan Daemon. Tanpa adanya Rinnegan, Sasuke tidak akan bisa menyegel Daemon agar efek Reflectionnya tidak berjalan dengan baik.

Kehilangan Kemampuan Melihat Dunia Lain

Salah satu hal unik dan luar biasa dari Doujutsu Rinnegan adalah bagaimana penggunanya mampu melihat hampir apa pun. Tidak ada yang bisa menghalangi pandangan dari penggunanya. Secara garis besarnya, kemampuan ini mirip seeprti Byakugan, hanya saja Rinnegan jauh lebih dahsyat. Bahkan, dalam ceritanya kita bisa melihat bagaimana Sasuke bisa mengakses dimensi Limbo milik Madara.

Limbo merupakan sebuah dimensi “khusus” di mana Madara benar-benar mampu menguasai semuanya di sana. Siapa pun yang terjebak di sana, tidak akan bisa bertahan atau tidak akan mampu untuk bisa keluar karena Madara yang mengendalikannya. Tanpa¬† adanya Rinnegan, artinya Sasuke tidak akan bisa lolos dari sana atau bahkan dia tidak akan bisa pergi ke dimensi tersebut.

Memecahkan Kode Rahasia

Ditulis oleh Hagoromo Otsutsuki, Stone Table atau tablet batu merupakan artefak yang berisi pesan dari Hagoromo. Tujuan utamanya adalah mencegah reinkarnasi selanjutnya dari Indra dan Asura untuk menciptakan atau membangkitkan kembali kekuatan Sage of Six Path serta kekuatan Rinnegan. Sebagian tulisan tersebut bisa terbaca oleh pengguna Sharingan serta Mangekyo Sharingan.

Namun, untuk bisa memecahkan semua tulisan tersebut perlu mata Rinnegan. Berkat kemampuan Doujutsu ini, berbagai rahasia pun akhirnya terungkap. Misalnya tentang rahasia klan Uchiha serta bagaimana cara mengalahkan mereka. Hal ini juga yang membuat Sasuke sering kali berhasil untuk memecahkan berbagai teka-teki atau misteri dengan mudah dan sangat cepat.

KE HALAMAN 2

1
2