Angkatan laut merupakan salah satu kekuatan besar dalam dunia One Piece, di mana banyak orang yang membenci organisasi ini. Sikap mereka yang terkadang semena-mena terhadap orang-orang menjadi salah satu faktor penyebabnya. Meskipun seharusnya mereka menjadi pelindung bagi masyarakat, terkadang angkatan laut justru menjadi teror yang mengerikan. Hal tersebut karena angkatan laut merupakan instrumen dari Pemerintah Dunia.

Dengan berada di bawah kekuasaan kaum naga langit, angkatan laut terkadang harus bergerak sesuai dengan perintah mereka. Hal ini bisa kita lihat saat peristiwa Ohara puluhan tahun lalu, di mana banyak yang tewas karena berusaha untuk memecahkan rahasia abad yang hilang. Meskipun begitu, pada kenyataanya tidak semua angkatan laut jahat. Ada sebagian dari mereka yang sepertinya masih memiliki hati. Siapa saja?

Admiral Fujitora

Muncul pertama kali dalam arc Dressrosa, Fujitora adalah seorang Admiral di markas angkatan laut pusat. Dia pada dasarnya adalah sosok yang baik, meskipun penampilannya menunjukkan sebaliknya. Fujitora berbeda dengan Admiral lainnya, di mana dia memegang prinsip keadilan berbudi luhur, dan menolak dengan tegas prinsip keadilan mutlak alias absolute justice.

Fujitora selalu menjalankan tugasnya tanpa mau mengorbankan satu orang pun. Dia juga adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang percaya terhadap Luffy bahwa sang protagonis utama tidaklah jahat. Justru, Fujitora sangat mengagumi dan hormat atas apa yang dia lakukan. Contohnya adalah membebaskan Dressrosa dari cengkraman Doflamingo. Bukti lainnya bahwa Fujitora adalah sosok baik yaitu dia sengaja membutakan matanya karena tidak ingin melihat ketidakadilan dari Pemerintah Dunia.

Kuzan

Aokiji alias Kuzan memilih untuk meninggalkan angkatan laut setelah dia kalah bertarung melawan Akainu. Pertarungan yang terjadi di Punk Hazard tersebut berlangsung selama 10 hari. Saat ini, Aokiji memutuskan untuk menjalin aliansi dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Mengapa kemudian dia memilih bergabung dengan kelompok Blackbeard masih menjadi pertanyaan.

Tetapi, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa dia tengah menjalankan misi rahasia. Selama mengabdi di Angkatan Laut, Aokiji sering menerapkan keadilan yang lebih fleksibel, dan lebih baik hati ketimbang Akainu. Sama seperti Fujitora, Aokiji menentang prinsip keadilan mutlak. Hal ini bisa kita lihat bagaimana dia rela melindungi Nico Robin saat peristiwa Ohara terjadi. Atau ketika dia tidak menyerang Luffy saat perayaannya di Water Seven.

Jaguar D. Saul

Jaguar D. Saul merupakan salah satu suku raksasa di One Piece. Dalam cerita kilas balik kita mengetahui jika dia dahulu merupakan salah satu admiral dari angkatan laut. Saul muncul pertama kali dalam kilas balik Nico Robin ketika berada di Ohara. Saat itu, dia merupakan bagian dari operasi Buster Call untuk menghancurkan pulau Ohara. Namun, bukannya ikut menghancurkan Ohara dia justru melindungi mereka.

Saul memilih untuk “mengkhianati” angkatan laut dan kemudian menyelamatkan Robin dari serangan angkatan laut. Bahkan, jauh sebelum operasi tersebut mereka gelar, Saul sudah menunjukan keberatannya terhadap Buster Call ke Ohara. Menurutnya, mereka tidak melakukan kesalahan apa pun. Hal ini sebenarnya diketahui oleh Kuzan, dan dia meminta “pertanggung jawaban” Robin atas pengorbanan Saul.

KE HALAMAN 2

1
2