Dari sekian banyak ras alien di Marvel Universe, Asgardian adalah salah satunya yang terkenal dengan status mereka sebagai dewa. Bukan hanya kuat, tetapi Asgardian juga mempunyai peradaban dan teknologi yang jauh lebih superior dari Bumi. Terlepas dari berbagi keunggulan yang mereka miliki tersebut, para penduduk Asgard ini hanya patuh terhadap satu pemimpin, yaitu All-Father. Sebagai penguasa Nine Realm dan Pohon Dunia Yggdrasil, hanya ada beberapa sosok saja yang terbukti mampu memegang gelar yang sangat luar biasa ini. Berikut lima karakter yang pernah menjadi All-Father.

Cul Borson

Orang pertama yang menjadi All-Father di Marvel Universe adalah anak Bor Burison sekaligus kakak Odin yang bernama Cul Borson. Sebagai God of Fear, dia adalah sosok yang sangat haus akan kekuatan dan kekuasaan. Ketika para Asgardian mengira Bor telah meninggal, Cul langsung mengambil alih takhtanya dan menjadi penguasa yang sangat tiran sekaligus mengerikan. Walaupun begitu, dia berhasil membawa Asgard menjadi penguasa Nine Realm. Dan pada saat yang bersamaan, Odin juga mendapatkan dukungan dari orang-orang yang membenci Cul dan akhirnya berhasil menggulingkan kakaknya ini.

Odin Borson

Setelah mengambil alih takhta Asgard, Odin akhirnya menjadi All-Father yang sangat dicintai oleh para Asgardian. Odin sendiri adalah God of Wisdom yang selalu berhati-hati dalam setiap keputusannya. Itulah mengapa dia menjadi All-Father paling lama dan populer di Marvel Universe. Di bawah kepemimpinan Odin, gelar All-Father menjadi lebih spesial, karena siapa pun yang memegangnya akan mendapatkan kekuatan Odinforce dari Yggdrasil. Kekuatan ini sudah pasti akan menjadikan penguasa Nine Realm sebagai entitas kosmik karena kesaktiannya yang nyaris tidak terbatas.

Loki Laufeyson

Di motion komik Thor & Loki: Blood Brothers, Loki pernah berhasil mewujudkan impiannya untuk lebih unggul dari Thor dengan menjadi All-Father. Semuanya bermula dari menghilangnya Odin, di mana Loki langsung mengambil alih takhta Asgard sekaligus memenjarakan Thor. Meskipun sang God of Lies ini berhasil mendapatkan kekuatan Odinforce, ternyata dia tidak bisa mengendalikannya. Dan pada saat yang bersamaan peristiwa Ragnarok mulai terjadi, sehingga dia tidak punya pilihan lain selain meminta bantuan kepada Thor dan Odin yang telah kembali. Sejak saat itulah dia memutuskan untuk mundur dan mengembalikan gelar All-Father kepada ayah angkatnya, yaitu Odin.

KE HALAMAN 2

1
2