Cipher Pol

Selain pasukan angkatan laut, yang menjadi pasukan terdepan ketika menghadapi berbagai ancaman masyarakat, khususnya dari para bajak laut, Pemerintah Dunia juga memiliki sebuah organisasi rahasia. Mereka akan melakukan berbagai tugas khusus dan berbahaya yang pemerintah dunia berikan. Organisasi ini kita kenal dengan sebutan Cipher Pol Aegis.

Cipher Pol sendiri adalah organisasi rahasia yang muncul di awal cerita, khususnya saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Robin dalam arc Enies Lobby. Cipher Pol memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Pos inilah yang banyak masyarakat luas ketahui. Sedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang sengaja dirahasiakan keberadaanya karena tugas dan tanggung jawab mereka.

Polisi

Mungkin sebagian Geeks lupa atau tidak menyadari bahwa dunia One Piece pun memiliki penegak hukum seperti polisi. Namun sayangnya, memang bila membandingkannya dengan angkatan laut, reputasi dan popularitas polisi sangat kurang. Wilayah cakupan mereka tidak sebesar dan seluas angkatan laut, karena mereka biasanya beroperasi di sebuah wilayah atau di daratan dan bukan di laut.

Mereka biasanya menangani berbagai peristiwa kejahatan atau kriminal lokal atau yang terjadi di sebuah wilayah. Peran mereka mirip seperti Mimawarigumi di negara Wano. Yang menarik adalah ada beberapa karakter utama yang pernah menjadi bagian dari kelompok ini. Mereka adalah Genzo, ayah angkat Nami dan Nojiko, dan juga Lafitte, yang kabarnya merupakan mantan polisi.

Menegakan aturan dan mencegah berbagai tindakan kriminal merupakan sebuah tugas dan beban yang sangat berat. Apalagi, dunia One Piece terkenal sangat luas dan beragam membuat semuanya tentu tidak mudah. Pemerintah Dunia pun membentuk berbagai kelompok untuk menegakan aturan dan menjaga perdamaian yang sudah ada sejak lama.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.