Sayangnya, tidak ada informasi lainnya mengenai yang dibagikan dalam booklet tersebut terkait dengan terbentuknya kelompok Rocks. Kelompok bajak laut ini pun kemudian harus bubar setelah mereka berhasi dikalahkan oleh Roger dan Garp dalam peristiwa God Valley yang terjadi pada 38 tahun yang lalu. Artinya, usia dari kelompok bajak laut ini hanya sekitar 6 tahun.

Musuh Terkuat Roger?

Selain informasi mengenai kapan terbentuknya kelompok bajak laut Rocks, yaitu pada 44 tahun yang lalu, terdapat sebuah detail informasi lainnya yang cukup menarik mengenai sosok Rocks. Menurut booklet tersebut, Rocks D. Xebec merupakan “musuh terkuat” dari Gol D. Roger yang pernah dia hadapi. Artinya, meskipun Whitebeard adalah sosok manusia paling kuat di dunia, dan Roger pernah bertarung melawan Whitebeard, namun Rocks tetap yang terkuat.

Pertarungan Roger dan juga Rocks di God Valley mungkin bukanlah pertarungan pertama yang mereka lakukan. Jauh sebelumnya, Rocks dan Roger mungkin pernah juga saling bertarung satu sama lain di sebuah tempat. Dan siapa yang kemudian jauh lebih kuat atau menjadi pemenangnya masih menjadi misteri. Fakta ini juga bisa kita simpulkan bahwa Roger bukanlah satu-satunya yang terkuat di lautan.

Ada sosok Rocks yang mungkin kekuatannya jauh di atas Roger. Bagaimana kemudian dalam insiden God Valley butuh sosok Garp dan juga Roger untuk kemudian bisa mengalahkan Rocks, mungkin bisa menjadi petunjuk besar mengenai hal ini. Keduanya tahu bahwa mengalahkan Rocks bukanlah perkara mudah. Dan untuk itulah mereka perlu bekerja sama untuk bisa mengalahkan Rocks di One Piece.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.