Sosok Nico Robin merupakan karakter yang paling penting baik di kelompok Topi Jerami atau pun di dunia One Piece. Pengetahuannya tentang sejarah dan juga Poneglyph membuat Robin banyak diincar banyak orang.

Namun, tentunya hal itu bukan menjadi hal yang menjadi fokus utama mengapa Luffy mau merekrut Robin menjadi krunya. Terlepas dari semua hal tersebut, bergabungnya Robin dengan kelompok Topi Jerami benar-benar menjadi sesuatu yang luar biasa.

Robin memiliki peran penting dan sangat besar di kelompok tersebut. Namun, yang menarik adalah tanpa Luffy sadari ternyata Robin menyimpan rahasia yang selama ini belum pernah dia ungkapkan kepada sang kapten. Lalu, apa saja hal yang tidak Robin sampaikan kepada Luffy?

Menjalin Kesepakatan Dengan CP-9

Di awal bergabungnya Robin dengan kru Topi Jerami pasca arc Alabasta One Piece, Robin masih tetap menjadi incaran dari Pemerintah Dunia. Karena itulah, mereka pun kemudian mengirimkan salah satu kelompok rahasia mereka yaitu CP-9.

Kelompok tersebut akhirnya berhasil menemukan lokasi Robin yang ternyata ada di Water Seven. Rob Lucci dan kelompok CP-9 kemudian menjalin kesepakatan dengan Robin. Jika dia mau mengikuti perintah CP-9 untuk pergi bersama mereka, maka kelompok Topi Jerami bisa bebas pergi dari Water Seven.

Sebaliknya, jika Robin tidak mau patuh terhadap keinginan mereka maka bisa dipastikan Water Seven akan hancur akibat Buster Call. Akhirnya, Robin pun memilih opsi yang kedua. Dan inilah yang kemudian menjadi awal momen arc Enies Lobby dimulai, di mana Luffy dan kelompok Topi Jerami berusaha menyelamatkan Robin.

Tidak Memberi Tahu Sabo Masih Hidup

Di arc Dressrosa One Piece, kita melihat bagaimana Sabo sempat bertemu dengan anggota kelompok Topi Jerami. Saat itu, Sabo ingin melihat kondisi Luffy yang tidak sadarkan diri. Luffy sendiri awalnya tidak pernah tahu jika Sabo sebenarnya masih hidup.

Seperti yang kita ketahui, saat time-skip terjadi sosok Nico Robin menghabiskan waktu selama dua tahun bersama Pasukan Revolusi. Saat itulah, Robin belajar banyak hal termasuk juga mengenal banyak orang yang mana salah satunya adalah Sabo.

Sebelum Sabo mengantar Nico Robin kembali ke Sabaody, Sabo sebenarnya meminta tolong untuk merahasiakan pertemuan mereka dari Luffy. Robin sendiri tidak tahu bahwa Luffy menganggap Sabo sudah tewas.

Namun, pada akhirnya, Luffy dan Sabo bertemu di Colosseum pada saat turnamen berlangsung. Pertemuan mereka terjadi di dalam Colosseum, di mana Sabo meminta izin untuk memenangkan dan memakan buah iblis Mera Mera.

Pada awalnya, Luffy tidak menyadari bahwa sosok tersebut adalah Sabo. Sampai kemudian dia membeberkan berbagai fakta-fakta mereka saat masih kecil. Luffy pun menangis dan senang saat kembali bertemu dengan Sabo.

Tahu Tentang Poseidon

Dalam arc pulau manusia ikan, kita melihat sebuah momen di mana Nico Robin berbincang dengan sang penguasa wilayah, Neptune. Dalam perbincangan tersebut, Robin mengakui bahwa pada dua thun sebelumnya dia sudah membaca Poneglyph tentang Senjata Kuno.

Senjata Kuno yang tertulis dalam Poneglyph tersebut menyebutkan tentang Poseidon dan juga lokasinya. Robin kemudian menyimpulkan bahwa Poseidon adalah manusia atau seseorang, dan bukan benda. Poseidon merupakan putri duyung yang pernah hidup di zaman yang sama dengan Joy Boy.

Ketika Luffy dan kru Topi Jerami berada di pulau langit dan diundang ke istana Ryugu, serta mengetahui ada sosok putri Shirahoshi, Robin pun semakin meyakini bahwa Poseidon ada di pulau tersebut. Namun, informasinya masih dia simpan sendiri.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.