Cerita tentang Laugh Tale sepertinya tidak akan pernah bosan untuk dibahas. Meskipun sampai sejauh ini masih banyak sekali misteri terkait dengan Laugh Tale, namun para fans sendiri tidak pernah berhenti untuk penasaran dengan pulau terakhir yang ada di Grand Line ini. Seperti yang kita ketahui, Laugh Tale merupakan tempat terakhir yang menjadi penutup bagi petualangan Roger.

Meskipun Laugh Tale sudah sejak awal muncul di ceritanya, namun kita baru mengetahui sedikit lebih banyak tentang Laugh Tale dalam kilas balik Kozuki Oden. Saat itu, Roger menjelaskan sedikit mengenai Road Poneglyph, pulau Lodestar, dan bagaimana Roger membutuhkan bantuan Oden untuk bisa membaca Poneglyph yang bisa menuntunnya menuju Laugh Tale.

Kita juga tahu bahwa nama Laugh Tale sendiri muncul setelah Roger dan seluruh krunya tertawa dengan apa yang mereka temukan di sana. Ada banyak teori-teori menarik tentang Laugh Tale yang muncul di kalangan para fans. Salah satunya adalah bagaimana Buggy si Badut mungkin akan menjadi kunci bagi Luffy untuk bisa pergi ke sana.

BACA JUGA: Aktor ini Perankan Wolverine di MCU?

Peran Buggy

Nama Buggy si badut kembali menjadi perbincangan para fans setelah dia terpilih menjadi salah satu Yonko baru, selain sosok Luffy. Banyak yang tidak menyangka bahwa Buggy akan menjadi salah satu penguasa samudera. Sebagian bahkan menganggap jika Buggy masih belum cocok untuk bisa menjadi salah satu Yonko. Terlepas dari hal itu, Buggy mungkin bisa menjadi kunci untuk menemukan Laugh Tale.

Seperti yang kita ketahui, sudah sejak lama Buggy begitu terobsesi dengan harta karun. Bahkan, sejak masih menjadi bagian dari kru Roger pun Buggy sudah sering berusaha untuk mencari harta karunnya sendiri. Alasannya memang klasik, Buggy ingin menjadi sosok yang kaya. Semua harta tersebut ingin dia gunakan untuk bersenang-senang. Namun, ada satu hal yang menarik dari obsesi Buggy ini.

Jika semua bajak laut mengincar Laugh Tale, maka Buggy justru mengincar harta karun dari Captain John. Di awal serinya, kita melihat bagaimana Buggy dan krunya mencari sebuah pulau berbentuk tengkorak, demi bisa menemukan harta karun Captain John tersebut. Buggy nampak yakin bahwa itu adalah lokasinya, meskipun kemudian hal tersebut terbukti salah.

Buggy sendiri kemudian tertangkap oleh angkatan laut dan harus terkurung di Impel Down. Saat berada di Impel Down, dia kemudian bertemu dengan Luffy. Selain itu, dia juga kemudian menemukan petunjuk lain tentang keberadaan harta karun Captain John. Meskipun tidak 100% terkonfirmasi, namun petunjuk tersebut sepertinya asli. Bahkan, petunjuknya sendiri berasal dari Thiller Bark, di mana zombie Captain John berada.

BACA JUGA: Lord of the Rings: Perbedaan Orc & Uruk-hai!

Koneksinya dengan Laugh Tale

Geeks mungkin bertanya, apa yang kemudian menjadi hubungan semua penjelasan di atas dengan perjalanan menuju Laugh Tale? Bagaimana kemudian Buggy bisa menjadi kunci untuk pergi ke sana? Teorinya sendiri menyebutkan bahwa harta karun dari Captain John tersebut yang kemudian menjadi jawabannya. Harta karun itu kemungkinan besar adalah Road Poneglyph keempat atau yang terakhir.

Ada alasan yang mendukung teorinya. Seperti yang pernah Sengoku sampaikan, Captain John merupakan salah satu mantan kru bajak laut Rocks. Setelah peristiwa di God Valley, kru tersebut bubar dan mereka berpisah. Dua dari kru bajak laut itu kemungkinan memiliki Road Poneglyph, yaitu Kaido dan Big Mom. Big Mom membawanya ke Totto Land, sedangkan Kaido membawanya ke Wano.

Road Poneglyph ketiga tersimpan di pulau manusia ikan, yang kemudian kita ketahui merupakan wilayah kekuasaan Whitebeard. Namun, Road Poneglyphnya sendiri kemudian menghilang selama lebih dari 26 tahun. Bahkan, Neptune sendiri tidak tahu ke mana dan di mana keberadaan Road Poneglyphnya. Dalam booklet Road To Laugh Tale Vol. 1, Oda sempat memberikan petunjuk terkait hal ini.

Menurutnya, Road Poneglyph keempat ada di salah satu pulau yang belum Luffy kunjungi. Pulau tersebut antara lain adalah Elbaf, Vila, dan juga Beehive. Dalam konteks teori ini, pulau Beehive kemungkinan adalah lokasi di mana Road Poneglyph keempat tersebut berada. Pulau tersebut menjadi tempat awal mula kru Rocks terbentuk. Sehingga, cukup masuk akal jika kemudian salah satu mantan krunya, John, kembali ke sana setelah kelompoknya bubar.

Yang juga menjadi petunjuk lainnya adalah dalam peta yang pernah Buggy miliki terdapat gambar tengkorak di atasnya. Dan Beehive memiliki hal tersebut. Hal itu mungkin yang menjadi alasan mengapa Buggy belum pernah berhasil mendapatkan harta karun Captain John, karena pulau Beehive adalah wilayah kekuasaan dari Blackbeard.

BACA JUGA: Para Karakter ini Akan Mati di Thor: Love & Thunder?

Buggy Akan Bantu Luffy?

Harus kita akui bahwa dalam kemampuan fisik dan bertarung, Buggy bukan sosok yang bisa kita andalkan. Namun, Buggy bisa memanfaatkan koneksi dan juga reputasinya untuk meminta bantuan orang lain. Dalam hal ini adalah Luffy dan kelompok Topi Jerami. Buggy mungkin bisa memberikan informasi mengenai keberadaan pulau Beehive dan kemungkinan adanya Road Poneglyph terakhir.

Pada dasarnya, Buggy dan juga harta karun Captain John ini bisa menjadi elemen bukan hanya untuk menemukan di mana lokasi keberadaan Laugh Tale, namun juga menjadi momen awal pertarungan yang banyak fans nantikan, yaitu Blackbeard melawan Luffy. Jadi, mungkin ada alasannya mengapa Buggy menjadi Yonko dan juga kembali Oda hadirkan dalam Saga terakhir di serinya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.